BNN Bekuk Penyelundup 17 Kg Sabu Asal Malaysia Ilustrasi. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap lima orang jaringan pemasok sabu-sabu asal Malaysia di Ledo, Bengkayang, Kalimantan Barat. Satu di antaranya merupakan Warga Negara Malaysia.

"Total barang bukti berupa sabu dari pengungkapan ini 17 kg," kata Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari di Jakarta, Senin (7/8).

Pengungkapan itu bermula pada Minggu (6/8) kemarin, BNN menangkap seorang bandar sabu berinisial R. Sabu itu dimasukkan oleh R ke dalam 17 plastik yang ditaruh di dalam sebuah Mobil. Pengakuan R, sabu itu dibawanya dari Malaysia.

"Selanjutnya dilakukan pengembangan dan didapati empat tersangka lainnya," kata dia.

Keempatnya yaitu CKH yang merupakan WN Malaysia, Alaw alias Ape, Alvin, dan Tia. Petugas langsung melakukan pengembangan kembali terhadap keempatnya.

"Namun, pada saat pengembangan dua tersangka atas nama CLH dan Alaw berusaha melawan petugas sehingga dilumpuhkan dengan tembakan dan mengakibatkan meninggal dunia," katanya.

Hingga kini, petugas masih melakukan pengembangan adanya bandar dan pemasok sabu lainnya dari Malaysia. Dari pengungkapan itu, selain menyita sabu, BNN juga menyita barang bukti berupa satu unit mobil dan beberapa telepon genggam milik para tersangka. (Ayp)

Baca berita terkait kasus narkoba lainnya di: Polisi Cianjur Amankan 16 Paket Sabu



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH