BMW Rilis i7, Sedan Mewah Listrik Pertama di Dunia

Andrew FrancoisAndrew Francois - Jumat, 22 April 2022
BMW Rilis i7, Sedan Mewah Listrik Pertama di Dunia
BMW i7. (Foto: BMW)

BMW akhirnya merilis lini seri 7 versi listrik pertama mereka setelah penantian cukup panjang oleh penggemar dunia otomotif. Peluncuran mobil ini juga terbilang cukup spesial dan menjadi sejarah baru bagi dunia otomotif. BMW i7 menjadi mobil sedan listrik pertama di dunia.

BMW membangun i7 berdasarkan versi terakhir dari platform CLAR (Clluster Architecture) yang memungkinkan penggunaan pembakaran murni, PHEV, dan listrik. Desain mobil ini dibuat cukup mirip dengan saudaranya yang masih menggunakan mesin bensin, yaitu seri 7.

Sebagai contoh, BMW masih mempertahankan grille depan besar seperti pada seri 7 hingga desain lampu depan terpisah seperti yang terdapat pada seri 7 facelift. Seperti dikabarkan Auto Express, BMW menyebutkan fitur terbaru akan disematkan pada model-model flagship mereka, termasuk i7 teranyar tersebut.

Baca juga:

BMW X3 Varian Terbaru Mengaspal di Indonesia

BMW i7 memiliki target konsumen yang sama dengan Mercedes Benz EQS saloon yaitu untuk para sultan yang menginginkan kendaraan mewah berbasis listrik. Mobil tersebut menggunakan dua motor listrik yang masing-masing berada di depan dan belakang.

Total daya yang mampu dikeluarkan kedua motor listrik tersebut hingga sebesar 536 dk dan torsi 745 Nm, bahkan pada 2023 mendatang akan dirilis i7 M70 yang disebut mampu menghasilkan tenaga hingga 651 dk.

Namun untuk BMW i7 versi xDrive 60 tetap menawarkan performa yang cukup gahar dengan akselerasi 0-100 dapat ditempuh dalam waktu cukup singkat hanya 4,7 detik saja. Sementara kecepatan maksimal mobil sedan listrik mewah tersebut dapat mencapai sekitar 240 km/jam.

Baterai yang disematkan memiliki kapasitas sebesar 101,7 kWh yang ditempatkan di bawah lantai dan didesain begitu tipis hanya setebal 110mm saja. Konsusmi baterainya juga cukup hemat hanya 19,6-18,4 kWh per 100 km yang membuat jarak tempuh maksimalnya dapat mencapai 624 km.

Baca juga:

Satu-satunya di Asia Tenggara, BMW M4 X KITH Hadir di GIIAS 2021

BMW i7 bisa tempuh kecepatan maksimal hingga 240 km/jam. (Foto: BMW)

Fitur paling mencolok pada interiornya terdapat pada layar besar beresolusi 8k berukuran 31,3 inci yang disebut sebagai 'BMW Theatre Screen'. Layar besar tersebut menggunakan peranti lunak Amazon Fire yang memungkinkannya memuat berbagai macam konten.

Pengalaman mendengarkan musik di dalam BMW i7 juga akan terasa lebih fenomenal berkat 36 buah pengeras suara dengan setup audio oleh Bowers & Wilkins.

Pada bagian depan terdapat layar informasi digital berukuran 14,9 inci dan layar infotainment system berukuran 12,3 inci. (waf)

Baca juga:

BMW X7 2023 Sudah Meluncur, Tampilannya Lebih Gahar

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan