BMKG Yogyakarta Prediksi Terjadi Cuaca Ekstrem saat Puncak Musim Hujan Februari

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 25 Januari 2022
BMKG Yogyakarta Prediksi Terjadi Cuaca Ekstrem saat Puncak Musim Hujan Februari
Ilustrasi - Citra satelit Siklon Tropis Rai di sekitar Samudera Pasifik Barat sebelah utara Papua dan Bibit Siklon 97W yang terbentuk di Laut China Selatan. (Antara/HO-BMKG)

MerahPutih.com - Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Yogyakarta memprediksi puncak musim hujan 2022 di DI Yogyakarta (DIY) diperkirakan pada Februari.

Kepala Staklim BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas menjelaskan, selama puncak musim hujan, pihaknya memprediksi akan terjadi cuaca ekstrem.

Potensi cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi sampai April 2022.

Baca Juga:

BMKG Minta Warga di Jaksel-Jakbar Waspadai Hujan Petir dan Angin Kencang

"Pengamatan kami angin Monsun Asia telah dominan bertiup menuju wilayah Indonesia khususnya di DI Yogyakarta. Sehingga diprediksi Febuari masuk puncak musim hujan,"jelas Reny dihubungi Selasa (25/1).

Angin Monsun yang bertiup membawa uap air dari Asia. Kondisi itu menyebabkan pasokan uap air dari Asia cukup banyak, dan penguapan di perairan Selatan DIY masih cukup signifikan untuk terbentuknya awan-awan hujan.

"Suhu muka laut di perairan selatan DIY masih cukup hangat berkisar 29 - 31 derajat celcius," imbuhnya.

Baca Juga:

BMKG Jelaskan Pemicu Gempa Banten M 6,7

Reni melanjutkan, selama puncak musim hujan, muncul fenomena Eddy atau putaran angin di sebelah Barat Kalimantan. Fenomen ini dapat berpotensi membuat cuaca ekstrem.

Ia menjelaskan, fenomena Eddy bersifat sementara. Jika muncul di daratan Kalimantan barat, dapat mengurangi curah hujan.

"Tetapi Eddy bisa juga menyebabkan bertambahnya curah hujan. Tergantung posisinya, jika di laut selatan Jawa biasanya menyebabkan peningkatan curah hujan di Jawa Tengah dan DIY," tutup Reni. (Patricia Vicka/Yogyakarta)

Baca Juga:

Analisis BMKG Terkait Gempa M6,7 Banten

#BMKG #Prakiraan Cuaca #Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan