BMKG: Waspada! Gempa Susulan Masih Berpotensi Terjadi

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 23 Januari 2018
BMKG: Waspada! Gempa Susulan Masih Berpotensi Terjadi
Petugas tengah mengamati monitor prakiraan cuaca di gedung pusat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Jakarta, Rabu, (13/12). (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Gempa bumi berkekuatan 6,4 SR mendadak guncang Jabodetabek sekira pukul 13:34 WIB, Selasa (23/1).

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Nurhayati mengatakan, gempa susulan masih berpotensi. "Masih ada potensi. Kami minta masyarakat agar tetap tenang dan siaga. Jangan terpancing berita hoax," kata Nurhayati kepada Merahputih.com melalui pesan singkat.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 6,4 SR terjadi dengan koordinat episenter pada 7,23 LS dan 105,9 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah selatan Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Propinsi Banten pada kedalaman 61 km.

Sementara itu, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Mochammad Riyadi menjelaskan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut dapat dirasakan di daerah Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor.

"Gempa bumi selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia," katanya. (*)

Baca berita terkait gempa bumi lainnya: Ini Data BMKG Soal Gempa yang Terasa Hingga Jakarta di Siang Bolong

#Gempa Bumi #BMKG
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan