BMKG Prediksikan Cuaca Buruk untuk Wilayah Jawa Tengah Ilustrasi. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Jawa Tengah akan dilanda cuaca buruk.

"Ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Senin (1/1).

Dia menjelaskan, wilayah yang berpotensi hujan adalah Purworejo, Rembang Timur, Magelang, dan sekitarnya. BMKG juga memprakirakan potensi hujan lebat tersebut akan meluas ke wilayah Blora, Grobogan, dan sekitarnya.

"BMKG juga memprakirakan, wilayah Pantura Tengah dan Pantura Timur berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan potensi tersebut meningkat pada malam hari," katanya.

Sementara itu, dia menambahkan bahwa Kabupaten Banjarnegara diprediksi berawan.

"Banjarnegara berawan, angin dari arah Barat Daya menuju Barat Laut dengan kecepatan 5 hingga 15 kilometer/jam," katanya.

BMKG terus mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi genangan, banjir, banjir bandang, maupun tanah longsor di kawasan yang berpotensi hujan lebat.

"BMKG terus mengingatkan warga agar meningkatkan kewaspadaan," tandasnya. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH