BMKG Prediksi Yogyakarta Masuk Musim Hujan Akhir Oktober Ilustrasi hujan. Foto: Pixabay

MerahPutih.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Daerah Istimewa Yogyakarta masuk musim hujan di akhir bulan Oktober 2020. Musim hujan akan mulai terjadi pada sekitar dasarian ketiga bulan Oktober.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas menjelaskan awal musim penghujan diawali dengan curah hujan yang cenderung rendah hingga menengah.

Baca Juga

DKPP: Masyarakat Pentingkan Kesehatan daripada Pilkada Serentak

"Yogyakarta mulai turun hujan pertengahan Oktober sampai awal November 2020. "jelas Reni di Yogyakarta, Senin (21/09).

Sementara itu BMKG memprediksi Yogyakarta sudah melewati puncak musim kemarau. Sejumlah anomali cuaca akan terjadi pada akhir September hingga awal Oktober.

Salah satu anomali adalah turunnya hujan intensitas tinggi selama beberapa hari. Hal ini terjadi akibat fenomena La Nina yakni anomali suhu muka laut pada zona ekuator di Samudra pasifik.

"Hal itu berpotensi menambah suplai uap air untuk pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia, termasuk DIY. Sehingga curah hujan akan tinggi,"kata dia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai bersiap menghadapi musim penghujan.

Baca Juga

Tujuh PPSU Positif Corona, Kantor Kelurahan Petojo Selatan Ditutup

BPBD DIY mulai melakukan pemetaan kawasan rawan bencana (KRB) tanah longsor dan banjir bandang di kawasan bantaran sungai. eberapa titik rawan kebencanaan pun turut dipantau dan dalam persiapan mitigasi untuk ke depan. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH