BMKG Prediksi Yogyakarta Masih Diguyur Hujan Selama Maret Ilustrasi hujan. Foto: Net

MerahPutih.com - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan intensitas sedang hingga lebat masih akan turun di seluruh wilayah Yogyakarta selama bulan Maret. Musim pancaroba baru akan terjadi pada awal April 2019.

Kepala kelompok data dan informasi stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Djoko Budiyono memperkirakan hujan lebat yang turun turut disertai petir dan angin kencang.

"Hujan seringnya turun mulai siang sampai malam. Dalam sehari, intensitasnya rata rata mencapai 20-50 mm/hari,"kata Djoko di Yogyakarta, Jumat (8/3).

Ilustrasi hujan. Foto: Net

Sedangkan pagi hari umumnya cerah berawan. Daerah yang bakal sering turun hujan adalah DIY bagian utara meliputi Kabupaten Sleman, Kulonprogo dan Gunung Kidul serta Kota Yogyakarta.

"Hujan jarang terjadi di wilayah Selatan DIY yakni Kabupaten Bantul," tuturnya.

Djoko menjelaskan saat ini muncul Low pressure atau tekanan rendah disebelah barat daya Jawa dan sekitar Australia.

Hal ini menimbulkan ada belokan angin disekitar Jawa,. Belokan angin tersebut menyebabkan terjadinya proses kenaikan massa udara.

"Sehingga terbentuknya awan hujan di wilayah yogyakarta. Awan yang terbentuk adalah awan konvektif seperti cumulonimbus,"terangnya.

Kondisi ini turut didukung dengan adanya pengupan yang cukup tinggi dari diperairan selatan Jawa. Sehingga semakin memberikan suply bagi pertumbuhan awan hujan.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada pada potensi bencana tanah longsor, banjir dan angin puting beliung.

Wisatawan diminta tidak mandi dan menjaga jarak tidak terlalu dekat dengan laut. Lantaran tinggi gelombang Pantai Selatan diperkirakan masih 2-3 meter.

Ilustrasi (sumber foto: smeaker[dot]com)

"Jangan lupa bawa payung dan jas hujan saat hendak berwisata,"pungkasnya.

Kamu yang mau berlibur ke Yogyakarta sebaiknya pergi di pagi hari. Pilihlah tempat wisata di dalam ruangan atau yang memiliki tempat peneduh dikala hujan.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH