BMKG Prediksi Yogyakarta akan Dilanda Gelombang Tinggi dan Suhu Dingin Ilustrasi suhu dingin. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta memprediksi wilayah perairan Selatan Yogyakarta akan dilanda gelombang tinggi. Ketinggian gelombang diprediksi mencapai 4 hingga 6 meter.

"Kami berharap masyarakat waspada dengan kehadiran gelombang tinggi tersebut,"ujar Kepala stasiun Klimatologi Mlati BMKG DIY Reni Kraningtyas di Yogyakarta, Selasa (28/7).

Baca Juga

Pemprov DKI Larang Warga di Zona Merah Salat Idul Adha di Masjid

Tingginya gelombang terjadi akibat kencangnya angin yang bertiup dari arah tenggara dengan kecepatan maksimum 30 km/jam. Dia mengimbau kepada para wisatawan dan warga untuk tidak mandi di laut sementara waktu saat gelombang tinggi terjadi.

Selain itu, BMKG turut memprediksi suhu dingin akan melanda wilayah Yogyakarta dan sekitar hingga sebulan ke depan. Suhu dingin akan terjadi pada malam hari dan diperkirakan mencapai 18 derajat Celcius.

Tinggi gelombang perairan Bengkulu (Foto Antarabengkulu.com/Musriadi)
Tinggi gelombang perairan Bengkulu (Foto Antarabengkulu.com/Musriadi)

Reni menjelaskan, suhu dingin terjadi akibat berhembusnya angin monsoon Barat dari Australia ke arah Asia. Angin ini berkarakteristik dingin dan kering.

"Selain itu saat ini tutupan awan yang berada di bumi sedikit dan pantulan panas di Bumi yang diterima dari Matahari tidak tertahan oleh awan dan langsung terbuang ke luar angkasa. Hal ini membuat suhu bumi lebih dingin,"tutur Reny.

Sisi lain, kelembaban udara saat ini sangat rendah akibat Kandungan air dalam tanah dan udara menipis.

"Pantauan kami suhu udara di Jogjakarta 5 hari terakhir pada malam hari berkisar 18 hingga 20 derajat. Padahal normalnya 22 hingga 25 derajat,"jelas dia.

Hal ini, berpotensi menyebabkan bibir dan kulit wajah dan tubuh menjadi kering dan pecah-pecah. Juga berpotensi menyebabkan mimisan dan hipotermia. BMKG pun mengimbau masyarakat untuk rajin menggunakan pelembab pada kulit dan wajah.

Baca Juga

Doni Monardo Minta Perkantoran Taati Pembagian Kerja 2 Sif

"Perbanyak minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi. Perbanyak makan makanan hangat dan hindari makanan dingin," kata dia.

Selain itu masyarakat diminta untuk menggunakan baju atau selimut tebal pada malam hari dan mengatur suhu pendingin ruangan pada suhu tidak terlalu rendah. (Teresa Ika/Yogyakarta)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH