BMKG Prediksi Sejumlah Kota Besar di Indonesia Cerah Berawan

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 11 September 2023
BMKG Prediksi Sejumlah Kota Besar di Indonesia Cerah Berawan
Awan menyelimuti Kota Jakarta. FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma/ama/aa.

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah berawan berpotensi mendominasi di sejumlah kota besar di Indonesia pada Senin ini.

BMKG dalam laman resmi yang disiarkan Senin menyatakan kondisi cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Pontianak, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Jayapura, Makassar Kendari, dan Padang.

Baca Juga:

Prakiraan Cuaca DKI Jakarta, Senin (4/9): Cerah Berawan hingga Malam Hari

Adapun cuaca cerah berpotensi terjadi di Banda Aceh, Bengkulu, Semarang, Surabaya, Kupang, dan Palembang.

Sedangkan cuaca berawan diprediksi terjadi di Palangkaraya, Bandar Lampung, Manokwari, dan Pekanbaru, serta Samarinda dengan awan yang lebih tebal.

Adapun hujan diprakirakan turun di Ambon dan Mamuju, dengan intensitas ringan, kemudian Medan dan Ternate dengan intensitas sedang, serta Manado dengan hujan lebat.

Memasuki malam hari, cuaca berawan lebih mendominasi potensi cuaca di kota-kota besar di Indonesia seperti di Denpasar, Yoguakarta, Gorontalo, Jambi, Pontianak, Palangkaraya, Tarakan, Tanjung Pinang, Pekanbaru, Makassar, dan Manado.

Adapun cuaca cerah berawan berpotensi terjadi di Banda Aceh, Serang, Jakarta, Semarang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Kendari, dan Padang.

Baca Juga:

Cuaca Jakarta Diprakirakan Cerah Berawan pada Jumat (1/9)

Kemudian, cuaca cerah diprakirakan terjadi di Bengkulu, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Kupang, dan Palembang.

Sedangkan hujan diprakirakan turun di Samarinda, Ambon, Ternate, Jayapura, Manokwari, Mamuju, dan Medan dengan intensitas ringan.

Meski demikian, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan saat ini sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami musim kemarau, karena fenomena El Nino di Samudera Pasifik terutama Angin Muson Australia.

Dwikorita menjelaskan awal musim hujan di wilayah Indonesia baru terjadi pada November 2023 atau lebih lambat jika dibandingkan dengan biasanya.

"Awal musim hujan diprediksi akan terjadi pada November 2023, tapi karena tingginya keragaman iklim di Indonesia, awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah," katanya.

Masih adanya musim kemarau di beberapa daerah memunculkan peluang terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), seperti di Jambi, Sumatera Selatan, Jambi, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Maluku. (*)

Baca Juga:

Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini: Cerah Berawan Pagi hingga Malam

#BMKG #Prakiraan Cuaca #Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan