BMKG Prediksi Musim Pancaroba di Yogyakarta Mulai Pertengahan September Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

MerahPutih.com - Musim pancaroba diprediksi terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta pada pertengahan September 2017. BMKG DIY. Kepala Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Joko Budiono mengatakan peralihan musim ini terjadi pada minggu ketiga September hingga Minggu kedua awal Oktober 2017.

"Kalau sekarang suka turun hujan itu bukan tanda-tanda musim pancaroba. Hanya anomali cuaca saja," ujar Joko melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Rabu 13 September 2017.

Ciri-ciri musim pancaroba menurut Joko dimulai dengan turunnya hujan intensitas kecil hingga sedang setiap hari. Hujan ini turun sekitar siang hingga malam hari. "Sebelum hujan turun akan ada awan cumulonimbus yang membawa hujan," kata dia.

Perubahan cuaca akan dimulai dari DIY bagian utara yakni Kabupaten Sleman yang dekat dengan lereng Merapi. Kemudian akan bergeser ke bawah dan arah selatan yakni Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul dan Gunungkidul.

Sementara musim penghujan dipreduksi terjadi pada minggu kedua Oktober 2017. BMKG menghimbau masyarakat untuk bersiap diri menghadapi musim pancaroba. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Sampai Oktober Gelombang Laut Tinggi, BMKG: Nelayan, Hati-Hati


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH