berita-singlepost-banner-1
BMKG Prediksi Jakarta akan Dilanda Cuaca Panas Ekstrem Sepekan ke Depan Cuaca panas. Foto: Net
berita-singlepost-banner-2
berita-singlepost-mobile-banner-7

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca panas ekstrem akan melanda kawasan Jakarta pada sepekan ke depan dengan intensitas suhu cukup tinggi berkisar diangka 38 derajat celcius.

"Kemungkinan untuk potensi suhu antara kisaran maksimum antara 38 derajat celcius masih memugkinkan untuk kondisi seminggu kedepan," ucap Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Cuaca Dini BMKG, Miming Saepudin di Jakarta (25/10).

Baca Juga

Anak Buah Anies Punya Tips Jaga Suhu Tubuh di Cuaca Panas Ekstrem

Bahkan BMKG juga memprediksi suhu panas bakal terasa menusuk anggota tubuh menuju pekan akhir pada Oktober ini. Sebab, kata dia, belum melihat ada penumpukkan awan hujan untuk mengurangi cuaca panas terik yang melanda kawasan ibu kota.

"Jadi fase maksimum potensi suhu tertinggi 38-39 (dalam derajat celcius), kita prediksikan hingga akhir Oktober ini," ungkap dia.

Sementara itu, BMKG memprediksi suhu panas akan mulai menurun seiring terbentunknya awan mendung di akhir tahun ini.

Cuaca Panas
Cuaca Panas

Pantauan situs bmkg.co.id pukul 12.15 WIB, suhu panas tertinggi untuk kawasan Jakarta berkisar diangka 34 derajat celcius yang berada pada wilayah, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Baca Juga

Dobel Manfaat Berenang di Cuaca Panas

Untuk kawasan Jakarta Utara tercatat suhu mencapai 33 derajat celcius dan unutk kawasan Kepulauan Seribu berkiasr diangka 31 derajat celcius.

Dikesempatan yang berbeda, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mempunyai tips menjaga suhu tubuh agar tetap stabil dikala cuaca panas ekstrem.

Masyarakat, lanjut dia, harus minum air putih 2 liter sehari dalam kurun waktu 2 sampai 3 jam sekali. Selanjutnya, perbanyak konsumsi buah-bahan yang segar yang mengandung banyak air.

"Hitungannya, minimal 2 liter per hari. Tidak perlu sampai menunggu haus untuk minum," ucap Widyastuti kepada wartawan, Jumat (25/10).

Baca Juga

Gelombang di Pantai Selatan 6 Meter, Nelayan Hingga Tongkang Diminta Waspada

Ia kembali menyarankan bila tidak ada keperluan, hindari berada di luar ruangan pada pukul 10.00-16.00 WIB. Gunakan juga masker dan payung saat keluar ruangan gunakan krem pelembab kulit dan sunscreen saat keluar ruangan.

"Terakhir, jaga kondisi tubuh dengan istirahat dan tidur yang cukup," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

berita-singlepost-mobile-banner-3
Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


berita-singlepost-banner-4
berita-singlepost-banner-5
berita-singlepost-banner-6