BMKG Prediksi Hujan Angin Melanda Yogyakarta di Akhir Pekan ilustrasi hujan (Foto Antara/Jessica Helena Wuysang)

MerahPutih.com - Cuaca ekstrem diprediksi masih melanda wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di akhir pekan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menjelaskan hujan lebat yang disertai angin kencang diperkirakan mengguyur wilayah Yogyakarta 3 hari ke depan.

"Cuaca beberapa hari ke depan umumnya cerah berawan. Hujan sedang sampai lebat yang disertai petir dan angin kencangn masih turun wilayah DIY, "kata Kepala kelompok data dan informasi stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Djoko Budiyono di Yogyakarta Jumat (15/3)

Efek cuaca ektrim di Yogyakarta. Foto: BPBD DIY

Hal ini terjadi karena dinamika atmosfer dan laut masih mendukung pembentukan awan yg bisa menyebabkan hujan. Selain itu masih ada low pressure atau tekanan rendah di Samudera hindia bagian selatan hingga sekitar Australia. Low pressure ini menimbulkan belokan angin ataupun pertemuan angin di sekitar Jawa.

"Hal ini menyebabkan terjadinya proses kenaikan massa udara yang berdampak pada pembentukan awan- awan hujan,"jelas dia.

Disisi lain aktifitas MJO (gelombang atmosfer) terpantau masih berada disekitar wilayah indonesia khususnya bagian barat. Mjo ini masih aktif diwilayah barat Indonesia hingga tanggal 22 Maret 2019.

Kondisi ini turut ditopang dengan suhu permukaan laut di sekitar Jawa yang hangat.

"Suhu di Jawa utara ataupun selatan terpantau cukup hangat sehingga memberikan suply uap air bagi pembentukan hujan di wilayah DIY,"kata dia.

Hujan umumnya terjadi di siang atau sore hari hingga malam hari. Wilayah yang memiliki curah intensitas tinggi diprediksi berada di Yogyakarta bagian utara seperti Kabupaten Sleman, Kulonprogo dan Gunung Kidul bagian Utara.

Efek cuaca ektrim di Yogyakarta. Foto: BPBD DIY

"Curah hujan rata-rata di atas 300 mm/bulan,"pungkasnya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada dan bersiap diri menghadapi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan dampak angin kencang.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH