BMKG Prakirakan Bangka Belitung Dilanda Hujan Lebat dan Petir Peta monitoring hujan dari BMKG (Foto: bmkg.go.id)

MerahPutih.Com - Meski sudah memasuki kemarau akhir hujan deras yang disertai petir berpotensi masih terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Berdasarkan data BMKG, hujan deras diprediksi melanda wilayah daratan Provinsi Bangka Belitung.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Pangkapinang memprakirakan hujan, petir dan angin kencang melanda Bangka Belitung pada Selasa (8/8) esok.

"Waspadai potensi hujan sedang dan lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, serta di Pulau Belitung dan sekitarnya pada Selasa," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Evi Diana P, Senin (7/8) malam.

Hujan petir paling berpotensi terjadi pada siang, sore dan dini hari. BMKG mengimbau warga agar tidak banyak beraktivitas di luar rumah pada saat turun hujan.

Hujan ringan dan hujan lokal juga berpeluang terjadi hampir di seluruh wilayah daratan terutama pada pagi, siang dan malam hari. Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat celsius dan kelembaban udara 70-100 persen.

Pada kesempatan itu BMKG memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa relatif normal.

Ketinggian gelombang signifikan di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 1,25 meter atau relatif aman untuk pelayaran dan juga untuk aktivitas melaut para nelayan tradisional. Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan juga diprakirakan relatif normal antara 8 hingga 40 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

Namun demikian para pengguna jasa angkutan laut dan nelayan tradisional tetap diimbau agar waspada serta tidak lupa membawa perlengkapan keselamatan sebagai antisipasi dini terhadap segala kemungkinan bahaya di laut, mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan.

Sementara itu ketinggian pasang air laut maksimum di kawasan pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan sekitar 2,26 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,45 meter, dan di pesisir Muntok Kabupaten Bangka Barat 2,01 meter.

Kemudian di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,90 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,78 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,55 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,76 meter.(*)

Sumber: ANTARA



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH