BMKG Perkirakan 18 Wilayah di Tanah Air Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 04 Oktober 2021
BMKG Perkirakan 18 Wilayah di Tanah Air Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem
Ilustrasi perkiraan cuaca di wilayah Indonesia. Foto ANTARA

MerahPutih.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat waspadai cuaca ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat. Fenomena ini diperkirakan terjadi di 18 wilayah di Tanah Air pada Senin (4/10).

Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, guntur dan peningkatan angin kencang yang bisa mengakibatkan longsor dan banjir.

"Waspada juga tingginya suhu udara yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan," demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG yang dikutip wartawan di Jakarta, Senin (4/10).

Baca Juga:

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di 24 Wilayah Tanah Air

Berikut daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Cuaca serupa juga berpotensi di Lampung, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Papua Barat, Riau, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan. Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 19 derajat hingga 34 derajat celsius dengan kelembapan udara 50 - 100 persen.

Logo BMKG (ANTARA/HO)
Logo BMKG (ANTARA/HO)

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dominan bergerak dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan angin berkisar 8-25 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga selatan dengan kecepatan angin berkisar 10-25 knot.

Waspada tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter yang berpeluang terjadi di Perairan utara Sabang, Selat Sunda bagian selatan, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Selat Sape bagian selatan dan Perairan Kupang hingga Pulau Rotte.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," demikian peringatan BMKG untuk wilayah pesisir di Indonesia.

Baca Juga:

Pesawat Rimbun Air Jatuh Diduga akibat Cuaca Buruk

BMKG juga memprediksi pada hari ini, Senin (4/10) ini sebagian besar wilayah DKI Jakarta cerah berawan, meski ada juga wilayah yang bakal diguyur hujan. Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, pada pagi hari semua wilayah Jakarta cerah berawan.

Sementara penyangga Ibu Kota yakni di Bekasi, Depok dan Kota Bogor di Jawa Barat pada pagi hari cerah berawan. Pada siang hari Bekasi dan Kota Bogor berpotensi hujan ringan sementara Depok hujan petir. Situasi cuaca ini berlanjut pada malam hari.

Di Kota Tangerang, Banten mengawali pagi hari dengan cuaca cerah berawan hingga berawan. Pada siang hari berawan hingga hujan sedang. Sementara pada malam hari cuaca menjadi berawan dan berlanjut hingga dini hari. (Knu)

#BMKG
Bagikan
Bagikan