Headline

BMKG Peringatkan Warga Yogyakarta Waspadai Gelombang Tinggi

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 21 Oktober 2018
BMKG Peringatkan Warga Yogyakarta Waspadai Gelombang Tinggi
Gelombang tinggi di Samudera Hindia (Pixabay.com)

MerahPutih.Com - Sejumlah kawasan di pantai selatan Yogyakarta diprediksi akan dilanda gelombang tinggi yang berkisar sekitar 2,5-4 meter. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memperingatkan para nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi.

"Masyarakat khususnya nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di laut," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasium Klimatologi BMKG Yogyakarta Djoko Budiono di Yogyakarta, Minggu (21/10).

Menurut Djoko, gelombang tinggi ini diperkirakan akan berlangsung hingga 24 Oktober 2018. Peringatan dini terkait gelombang tinggi itu telah disampaikan ke seluruh instansi di DIY.

Mengacu rata-rata tinggi gelombang normal, menurut dia, biasanya hanya mencapai dua meter. Meningkatnya tinggi gelombang tersebut dipicu oleh kecepatan angin di laut selatan yang meningkat mencapai 6-10 knot.

Perahu nelayan saat melaut
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Djoko menjelaskan peningkatan kecepatan angin yang memicu gelombang tinggi disebabkan oleh munculnya fenomena tekanan udara rendah di sekitar Australia.

Secara umum, kata Djoko sebagaimana dilansir Antara, kondisi iklim pada pertengahan Oktober ini wilayah DIY akan memasuki periode pancaroba. Untuk awal musim hujan sendiri akan masuk mulai November 2018.

Cuaca pada masa pancaroba ini, menurut Djoko, ditandai adanya perubahan cuaca yang signifikan. Pada siang hari cuaca sangat panas, mendekati sore bisa berubah menjadi berawan dan berpotensi munculnya hujan dengan kategori sedang hingga lebat.

"Hujan pada masa pancaroba berdurasi pendek dan bersifat lokal. Kondisi ini bisa disertai petir dan angin kencang," tandas Djoko Budiono.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Hadiri Apel Akbar Santri Nusantara, Presiden Jokowi Janji Perbanyak Balai Latihan Kerja

#BMKG #Pantai Selatan #Gelombang Tinggi #Prakiraan Cuaca
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan