BMKG: Masyarakat di Seputaran Titik Gempa Segera Jauhi Pantai Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan goncangan yang terjadi di sebagian pulau Jawa dan Sumatera karena gempa 7,4 magnitudo di kedalaman 10 meter.

Gempa ini berpotensi tsunami dengan peringatan dini untuk wilaya Pandeglang Bagian Selatan. Dengan status ancaman SIAGA ketinggian maksimal 3 meter Pandeglang Pulau Panaitan dengan status ancaman SIAGA ketinggian maksimal 3 meter.

Baca Juga: Gempa 7,4 Skala Richter Guncang Banten Berpotensi Tsunami

Lampung-Barat Pesisir-Selatan dengan status ancaman SIAGA dengan ketinggian maksimal 3 meter.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triono
Rahmat Triono (Foto: antaranews)

Pandeglang Bagian Utara dengan status ancaman WASPADA ketinggian maksimal 0,5 meter. Lebak dengan status ancaman WASPADA ketinggian maksimal 0,5 meter.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono meminta kepada masyarakat di wilayah dengan status SIAGA untuk mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

"Kepada masyarakat di wilayah dengan status "WASPADA" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai," kata Triyono dalam keterangan persnya, Jumat (2/8).

Sementara itu, masyarakat di sekitar Labuan, Pandeglang berhamburan keluar rumah karena merasakan getaran gempa yang cukup besar dan beberapa kali.

Gempa berpotensi tsumani di Banten
Peringatan potensi tsunami dari BMKG (Foto: screenshot bmkg.go.id)

"Tadi pada lari keluar, terasa getarannya lama, Bahkan saya rasakan tiga kali," kata Iin Solihin salah seorang warga Labuan di Labuan, Jumat.

Baca Juga: Penjelasan BMKG soal Penyebab Gempa Bumi Solok Selatan

Yoyoh Himatusolihah, warga Labuan lainnya mengaku sudah mengungsi keluar rumah bersama warga lainnya kerena khawatir gempa tersebut menyebabkan tsunami.

"Saya sudah mengungsi bersama warga lain ke tempat tinggi," katanya.Info G

empa Mag:7.4, 02-Agu-19 19:03:21 WIB, Lok:7.54 LS, 104.58 BT (147 km Barat Daya SUMUR-BANTEN), Kedlmn:10 Km ::BMKG http://inatews.bmkg.go.id/(Knu)

Baca Juga: Kepala BMKG: Wilayah Jawa Barat Rawan Gempa Bumi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH