Headline

BMKG Ingatkan Warga Jabodetabek Waspadai Hujan Petir Malam Ini

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 29 November 2018
BMKG Ingatkan Warga Jabodetabek Waspadai Hujan Petir Malam Ini
Ilustrasi pergerakan angin (Foto: bmkg.go.id)

MerahPutih.Com - Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) malam ini berpotensi dilanda hujan yang disertai petir. Berdasarakan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan dengan intensitas tinggi dengan angin berkecepatan tinggi akan terjadi pada Kamis sore hingga malam hari.

Dengan kondisi cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini kepada warga yang berada di wilayah Jabodetabek.

"Perkiraan hujan lebat disertai kilat atau petir akan terjadi pada pukul 16.20 WIB hingga 19.00 WIB," sebut situs resmi "www.bmkg.go.id" di Jakarta, Kamis (29/11) sore.

Wilayah yang berpeluang terjadi hujan lebat disertai petir yakni Sawangan, Pancoranmas, Cipayung Depok, Cilodong, Sukmajaya, Beji, Cimanggis, Tapos, Limo, Jagakarsa, Parung, Bojongsari, dan Gunung Sindur.

Kemudian berpotensi meluas ke daerah Tajur Halang, Bojonggede, Cibinong, Sukaraja, Tanahsareal, Kemang, Ciseeng, Rancabungur, Bogor Barat, Bogor Selatan, Bogor Utara, Bogor Tengah, serta Bogor Timur dan sekitarnya.

Pintu air Manggarai, Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pintu air Manggarai, Menteng, Jakarta Pusat. Foto: MP/Asropih

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperkirakan banjir akibat pasang gelombang laut (Rob) berpotensi terjadi wilayah Jakarta Utara.

Pantauan dari akun media sosial resmi BPBD DKI Jakarta menyampaikan potensi rob terjadi di Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Marunda, Cilincing, Kalibaru, dan Kamal.

Potensi rob menurut BPBD DKI berdasarkan indikasi ketinggian muka air di Pintu Air Pasar Ikan dalam kondisi mendung tipis atau siaga dua mencapai 218 sentimeter.

Terkait kondisi tersebut, BPBD DKI sebagaimana dilansir Antara telah menyebarkan informasi kepada warga yang berada di pesisir utara Jakarta dan Kepulauan Seribu melalui media sosial seperti twitter, facebook, BBM, aplkasi whatsapp, dan situs resmi.

BPBD DKI juga telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan melalui grup whatsapp "Kebencenaan Pusdatin".(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Diiringi Tangis Haru, Cucu dan Cicit Jenderal Soedirman Deklarasi Dukung Prabowo-Sandi

#BMKG #Cuaca Buruk #Hujan Dan Petir #DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan