BMKG Ingatkan Warga Jabodetabek Enggak Sembarangan Berjemur

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 15 April 2020
BMKG Ingatkan Warga Jabodetabek Enggak Sembarangan Berjemur
Deretan manfaat berjemur di bawah sinar matahari (Sumber: Insider)

Merahputih.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek) berjemur sesuai dengan indeks ultraviolet (UV).

Dikutip dari Instagram BMKG, Rabu 15 April 2020, perkiraan waktu berjemur yang baik sekitar pukul 08.00 WIB dengan indeks UV 0-2 atau risiko bahaya rendah.

Baca juga:

Virus Corona Sulit Tembus Indonesia Jika Kita Lakukan Ini

Sementara pukul 09.00 WIB - 10.00 WIB indeks UV 3-5 atau risiko bahaya sedang. Kemudian pukul 11.00 WIB - 13.00 WIB memiliki indeks UV 6-7 atau risiko bahaya tinggi.

Kemudian pada Pukul 14.00 WIB memiliki indeks UV 3-5 dengan risiko bahaya sedang. Waktu berjemur yang baik, kembali di pukul 15.00 WIB dengan indeks UV 1-3 atau risiko bahaya rendah.

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki tradisi baru untuk berjemur di bawah sinar matahari. Upaya itu diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal pandemi virus corona (COVID-19).

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia Daeng M Faqih sebagaimana dikutip Antara, juga mengatakan berjemur di bawah sinar matahari tidak dikatakan sebagai pencegahan COVID-19.

Baca juga:

Gaya Hidup Ini Dapat Singkirkan Virus Corona

Namun Daeng mengakui bahwa berjemur sinar matahari selama 10 hingga 15 menit bagus untuk kesehatan yaitu untuk mendapatkan vitamin D.

"Berjemur memang bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh, tapi tidak bisa dikatakan sebagai pencegahan COVID-19," kata Daeng. (*)

#Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona #Sinar Matahari
Bagikan
Bagikan