BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Saat Peralihan Musim Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, mengingatkan akan terjadinya cuaca ekstrem saat peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan sepeti yang terjadi sekarang ini.

Kepala BMKG Juanda Agus Wahyu mengatakan, saat ini memang sedang terjadi peralihan musim dari musim panas ke musim hujan.

"Ada kecenderungan kalau peralihan musim seperti ini akan terjadi angin kencang yang melanda beberapa wilayah di Jawa Timur," kata Agus di Surabaya, Senin (13/11).

Ia mengemukakan, perubahan cuaca ini terus dilaporkan BMKG Juanda kepada pihak-pihak terkait salah satunya kepada pemangku kepentingan yang ada di Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

"Sebab, salah satu fungsi dari BMKG Juanda adalah untuk memberikan informasi terkini terkait dengan cuaca untuk penerbangan di lingkungan Bandara Internasional Juanda ini," katanya.

Ia mengatakan, informasi terkait dengan kondisi cuaca untuk penerbangan ini mutlak diperlukan mengingat penerbangan itu berhubungan langsung dengan kondisi cuaca.

"Termasuk juga terkait dengan beroperasinya bandara ini salah satunya juga dipengaruhi adanya perubahan cuaca di wilayah setempat," katanya.

Ia mengatakan, pada saat ini sudah terjadi turun hujan di beberapa wilayah di Jawa Timur dengan intensitas yang bervariasi serta dibarengi dengan angin kencang.

"Hal ini membuat masyarakat lebih waspada saat menghadapi peralihan musim seperti yang terjadi sekarang ini supaya bisa bersiap-siap atas segala kemungkinan yang ada" katanya. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH