BMKG Imbau Warga Bogor dan Sekitarnya untuk Waspada

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 21 November 2018
BMKG Imbau Warga Bogor dan Sekitarnya untuk Waspada
Petugas tengah mengamati monitor prakiraan cuaca di gedung pusat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Jakarta (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini hujan ekstrem yang melanda wilayah Bogor dan sekitarnya pada Rabu siang dari pukul 14.00 WIB.

Kepala Seksi data dan informasi BMKG Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra menyebutkan hujan ekstrem disertai kilat dan petir diprediksi terjadi sampai pukul 16.00 WIB.

Hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi tidak hanya Bogor. Tapi di sejumlah wilayah seperti Sukabumi Timur, Cisaat, Sukabumi Utara, Sukabumi Barat, Baros, Cikembar, Nyalindung, Cibadak, Cikidang, Wrakiara, Parungkuda, Kalapanunggal, Kabandungan, Parakansalak, Cidahi, Cicurug, dan sekitarnya.

Hujan juga meluas ke wilayah Cianjur meliputi Campaka, Pasirnangka, Kadupandak, Argabinta, Sindangbarang, Cidaun, Naringgul, Cibinong, Campaka, Sukanagara, Takokak, Cibeber, Pagelaran, Kadupandak, Tanggeung, dan sekitarnya.

Ilustrasi cuaca ekstrem. (Foto: bmkg.go.id)

Untuk wilayah Bogor hujan melanda wilayah Leuwiliang, Cisarua, Megamendung, Caringin, Ciawi, Cijeruk, Citereup, Cibungbulang, Ciampea, Rancabungur, Dramaga, Bogor Barat, Ciomas, Bogor Selatan, Bogor Tengah, Bogor Timur, Jonggol, Babakanmadang, Sukaraja, Bogor Utara, Tanahsareal, Gunungputri, Klapanunggal, dan sekitarnya.

Hujan juga melanda kawasan Bandung meliputi Soreang, Margahayu, Katapang, Baleendah, Bojongsoang, Pamengpeuk, Bandung, Margaasih, Lengkong, Margacinta, Rancasari, Arcamanik, dan sekitarnya. "Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB," kata Hadi.

Menurut Hadi, cuaca ekstrem ini awal musim hujan selalu terbentuk awan-awan CB yang menyebabkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir, kadang hujan es. "Dan ini selalu terjadi pada awal musim dan di akhir musim," kata Hadi.

Hujan ekstrem ini menyebabkan banyak dahan-dahan pohon tumbang di sejumlah titik, seperti Jl Ahmad Yani, Jl Merak, Jl Dadali, area GOR Pajajaran, dan depan Kantor KNPI.

Selain itu, hujan yang cukup lebat membuat jarak pandang menjadi pendek sekitar 20 meter.

#Cuaca Buruk #BMKG
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan