BMKG Imbau Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 26 November 2017
BMKG Imbau Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi
Ilustrasi pergerakan gelombang berdasarkan rekaman BMKG. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan adanya gelombang tinggi di perairan utara dan bagian tengah Sulawesi pada Minggu (26/11).

"Tinggi gelombang di perairan Sulawesi, baik dari Bitung hingga Sangihe sampai Maluku Utara sekitar 1,25 meter hingga 2,5 meter," kata prakirawan BMKG Rismanto Effendi seperti yang dikutip dari Antara.

Kemudian, ada juga tinggi gelombang dari 2,5 meter hingga 4 meter akan terjadi di perairan utara Sangihe hingga Talaud dan perairan utara pulau Halmahera serta 13 titik lokasi lain di Indonesia.

BMKG mengharapkan agar warga, terutama nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi di sejumlah perairan laut, karena cuaca yang tidak menentu.

Sementara itu, salah seorang nelayan Gorontalo Umar, mengaku selalu waspada dengan adanya cuaca ekstrem yang sering terjadi di wilayah itu.

"Kalau cuaca buruk disertai gelombang tinggi kami tidak akan melaut. Kami mencegah risiko buruk," kata Umar.

Hanya saja sejauh ini angin kencang di wilayah itu sering berasal dari bagian utara Sulawesi, sehingga kecepatan yang dirasakan sangat kuat di Gorontalo bagian utara. (*)

#Gelombang Tinggi #BMKG #Cuaca Buruk #Nelayan Tidak Melaut
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan