BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Air Pasang Laut Mentok

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 04 Januari 2018
BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Air Pasang Laut Mentok
Ilustrasi pergerakan angin. (Foto: bmkg.go.id)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Mentok Kabupaten Bangka Barat berpotensi mencapai dua meter atau lebih pada Kamis (4/1).

"Ketinggian pasang air laut di Mentok diprakirakan dapat mencapai 2,04 meter," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang Nur Setiawan, Rabu (3/1).

Selain di Mentok, ketinggian pasang air laut melebihi dua meter juga dapat terjadi di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,36 meter dan di Sungailiat Kabupaten Bangka yang bahkan dapat mencapai 2,52 meter.

Sementara itu, ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,98 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,88 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,84 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,69 meter.

"Pasang air laut setinggi itu dinilai dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga ataupun wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Nur Setiawan.

Pada kesempatan itu, BMKG Kota Pangkalpinang juga memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar antara 0,1 sampai 1,0 meter dan relatif aman.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,1 sampai 0,5 meter, di Selat Gelasa dan Selatan Bangka 0,5 sampai 0,75 meter, sedangkan di Utara Bangka dan Selat Karimata antara 0,5 sampai 1,0 meter.

"Meski demikian, kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," katanya.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan ketinggian gelombang bertambah.

Sementara itu, kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 10 hingga 34 kilometer per jam yang bergerak dari Barat ke Utara dan dari Barat Daya ke Barat Laut.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Kamis diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah terutama pada siang, malam, dan dini hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung terutama pada pagi, siang, dan dini hari.

Sedangkan hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka, Bangka Induk, dan Kota Pangkalpinang terutama pada siang, malam, dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat celsius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen. (*)

#BMKG #Cuaca Buruk
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan