BMKG Harap Nelayan Pahami Informasi Cuaca Ilustrasi nelayan tradisional. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, mengimbau kepada nelayan memahami informasi kondisi cuaca sebelum melakukan aktivitas.

Kepala BMKG Nunukan Abdul Haris mengatakan, kelalaian bagi nelayan yang mengabaikan kondisi cuaca menjadi penyebab utama kecelakaan di laut. Padahal, kata Haris, faktor cuaca menjadi penting diketahui dalam rangka menjaga keselamatan di perairan.

"Faktor kesalahan atau human error yang paling banyak menjadi penyebab kecelakaan di laut karena nelayan mengabaikan informasi cuaca," kata Haris seperti yang dikutip dari Antara di Nunukan, Rabu (6/12).

Cuaca kemaritiman, kata dia, menjadi aspek yang paling ditakuti bagi pelayaran sehingga BMKG selalu update setiap saat selanjutnya diinformasikan kepada instansi terkait dan pemerintah daerah agar menyampaikan kepada warga.

Menurut Abdul Haris, faktor cuaca sangat berpengaruh dalam menentukan keselamatan di laut disusul kondisi struktur kapal. Bagi nelayan atau motoris ataupun nakhoda sepatutnya mengetahui dan memahami informasi tinggi gelombang.

Berkat perkembangan teknologi saat ini, seluruh situasi di perairan dapat diketahui sehingga keselamatan pelayaran dapat diantisipasi secara dini sebelum melakukan perjalanan.

Untuk itu, Kepala BMKG Nunukan ini mengajak semua pihak yang berhubungan dengan pelayaran agar tidak melek informasi demi menjaga segala bentuk kemungkinan buruk yang bakal menimpanya. (*)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH