BMKG: Gerhana Bulan Total, Jakarta Utara Terancam Banjir Rob 1,5 Meter Gerhana Bulan (Foto: Screenshot Youtube)

MerahPutih.com - Gerhana bulan total atau blue blood moon diprediksi akan terjadi pada 31 Januari mendatang. Nah, di saat itulah warga di kawasan Jakarta Utara, khususnya di daerah dekat laut diharap untuk bersiap-siap. Sebab, menurut Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati fenomena alam tersebut menyebabkan lombang pasang laut yang mengancam wilayah pesisir.

Nah, di wilayah Jakarta, daerah yang menjadi langganan banjir karena gerhana bulan dan menimbulkan rob di antaranya adalah Pluit, Kapuk Muara, Penjaringan, Kali Baru, Ancol, Kamal Muara, Tanjung Priok, Marunda, Koja, Kelapa Gading dan lainnya.

Saat ditemui wartawan di kantornya, Dwikorita menjelaskan bahwa gerhana bulan total terjadi saat bumi berada dalam satu garis di antara bulan dan matahari. Jadi, cahaya matahari terhalang oleh bumi dan tidak sampai ke bulan. "Nah, di waktu yang sama, bumi berada pada jarak terdekat dengan matahari,” ujarnya, Senin (29/1).

Lantaran posisi bumi yang satu garis dengan matahari dan bulan mengakibatkan gravitasi bulan dan matahari terintegrasi atau tergabung. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya pasang air laut maksimum. Bahkan, bisa mencapai ketinggian 1,5 meter. "Bisa juga terjadi surut minimun, yakni 100 senti meter hingga pasang 150 sentimeter,” ucap Dwikorita

Dia pun mengimbau warga di kawasan Jakarta Utara mewaspadai gelombang tinggi pasang maksimum tersebut. "Kami minta (warga) waspadai," kata dia. (*)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH