BMKG: Cirebon Dilanda Angin Kencang Nelayan memperbaiki jaring di atas perahunya di Pantai Dadap, Juntinyuat, Indramayu, Jawa Barat, Senin (3/7). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatiwangi, Majalengka, memprediksi angin kencang yang saat ini sedang melanda wilayah Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan dan terutama di Jawa bagian utara akan terus terjadi selama empat hari ke depan. Ini diakibatkan karena adanya badai tropis yang mempunyai tekanan rendah.

Menurut Prakirawan BMKG Jatiwangi Faiz, kecepatan angin menjadi lebih cepat seperti saat ini dipengaruhi angin yang bergerak dari tekanan tinggi ke rendah. Sehingga badai tropis ini menarik masa udara yang melintas Indonesia.

"Ini yang menyebabkan badai tropis ini menarik masa udara yang melintas Indonesia," kata Faiz, Selasa (18/7).

"Diperkirakan angin kencang masih akan terjadi sampai empat hari ke depan," lanjut Faiz.

Faiz juga mengatakan, pada kecepatan angin sekarang yang mencapai 35 km per jam dari normalnya yang hanya 20 km per jam, agar nelayan yang berada di wilayah perairan laut utara agar berhati-hati saat melaut karena badai tropis ini mengakibatkan ombak air laut akan memcapai ketinggian hingga 2,5 meter.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat umum, agar dapat menjaga kondisi tubuh karena angin kencang seperti sekarang ini dapat mengganggu kesehatan.

Untuk diketahui angin kencang melanda wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan terjadi sejak Minggu (16/7) pagi.

Berita ini merupakan laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya: BMKG: Waspadai Hujan Lebat Dan Petir Di Lampung


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH