BMKG Akhiri Peringatan Tsunami, BNPB Pantau Kondisi Usai Gempa

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 14 Desember 2021
 BMKG Akhiri Peringatan Tsunami, BNPB Pantau Kondisi Usai Gempa
Shakemap gempa. (Foto: BMKG)

MerahPutih.com - BMKG telah mengakhiri peringatan dini tsunami akibat gempa yang terjadi di Laut Flores, Selasa siang. Tsunami sempat terdeteksi di 2 titik dengan ketinggian 7 sentimeter berdasarkan pantauan di Marapokot, Kabupaten Nagekeo di NTT pada pukul 10.36 WIB serta Reo di Kabupaten Manggarai pada pukul 10.39 WIB.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, peringatan dini tsunami akibat gempa magnitudo 7,4 dekat Larantuka telah berakhir. Namun, masyarakat diminta berhati-hati dengan potensi gempa bumi susulan.

Baca Juga:

Warga Pesisir Mulai Mengungsi, BMKG Catat 15 Kali Gempa Setelah Magnitudo 7,5

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan tengah memantau kondisi usai gempa magnitudo 7,5 yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Timur. tepatnya 112 kilometer dari Kpta Larantuka, dengan laporan sementara terdapat warga yang mengalami luka-luka.

Menurut keterangan pers BNPB, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB memantau kondisi pascagempa melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) beberapa wilayah dengan laporan sampai dengan pukul 11.28 WIB mengatakan masyarakat berhamburan keluar di Flores Timur akibat guncangan kuat.

Gempa
Titik gempa bumi di Laut Flores. (Foto: BMKG)

Selain di Flores Timur, guncangan kuat juga dirasakan masyarakat di Sikka, Lembata dam Manggarai di NTT. Kondisi masyarakat di Lembata sempat panik meskipun kondisi saat ini sudah kondusif, berdasarkan keterangan Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Berdasarkan laporan sementara yang diterima BNPB, dampak sementara di NTT terdapat satu warga mengalami luka-luka di Kabupaten Manggarai. Warga tersebut sudah mendapatkan pertolongan oleh petugas di lapangan.

Guncangan gempa magnitudo 7,5 dirasakan juga masyarakat di Kota Makassar dan Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Menurut informasi BPBD Kabupaten Selayar, terdapat kerusakan gedung sekolah namun pihak BPBD masih melakukan pendataan di lokasi terdampak. (Asp)

Baca Juga:

Gempa Landa Larantuka, BMKG Perbaharui Data Potensi Tsunami

#BMKG #Gempa Bumi #Bencana Alam
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan