Sains

Blue Origin Siap Kirim Manusia Ke Ruang Angkasa Tahun Ini

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 17 Februari 2018
Blue Origin Siap Kirim Manusia Ke Ruang Angkasa Tahun Ini
Blue Origin sukses mengujicoba kapsul luar angkasa. (Foto: Dailymail)

AGAKNYA persaingan antar triliuner semakin meruncing dan tambah panas. Jeff Bezos dari Blue Origin tak mau kalah di tahun ini sudah akan mengirimkan manusia ke ruang angkasa.

Pada Desember tahun lalu, Blue Origin sukses melakukan uji coba kapsul yang nantinya akan dimuati oleh manusia. Yang ia kirim bukanlah pakar ruang angkasa, melainkan turis yang ingin menikmati sensasi berada di ruang angkasa. Blue Origin menjadwalkan proyeknya itu akan terwujud di tahun ini.

blue origin
Kapsul Blue Origin mengujicoba kapsul berisikan boneka. (Foto: Blue Origin)

Ini menambah panas persaingan dirinya dengan Richard Branson ari Virgin dan Elon Musk dari SpaceX. Branson mengatakan dalam enam bulan ia akan terbang ke ruang angkasa dengan Virgin Galactic. Sedangkan Musk, baru akan mengirimkan astronot NASA pada kapsul Dragon ke International Space Station tahun depan.

Seperti yang dituliskan dalam Dailymail, Blue Origin mengadakan uji coba kapsul kru dengan 12 eksperimen di dalamnya termasuk boneka seukuran manusia yang disebut Mannequin Skywalker. Setelah mengantongi lisensi dari Federal Aviation Administration pada bulan Agustus, Blue Origin kemudian melesatkan roket kapsul ke angkasa.

Mereka mengakui ada sedikit keterlambatan dalam proyek ini, namun hasil yang didapat membuat mereka terus memperbaiki kekurangannya. Masih banyak uji coba lainnya sebelum roket dengan manusia sesungguhnya melesat ke luar angkasa.

blue origin
Blue Origin mengujicoba kapsulnya dengan roket New Sheppard. (Foto: Blue Origin)

Meskipun ditujukan untuk kebutuhan turis, namun Blue Origin belum menjual kursi penerbangannya itu. Mereka masih akan mengujicobakan roket peluncur dengan manusia di dalamnya. Namun mereka yakin tawaran yang diberikan menarik minat banyak orang.

Blue Origin sudah merilis foto-foto uji coba kapsul daur ulang yang dinyatakan berfungsi dengan baik. Kapsul itu mencapai orbit dan kembali lagi ke Bumi. Meskipun pendaratannya masih dianggap keras.

Kapsul ini dilengkapi dengan jendela besar, sehingga enam orang yang ada di dalamnya dapat menikmati panorama yang ada di luar. Kapsul yang diangkut oleh roket New Sheppard itu memiliki luas sekitat 15 meter kubik.

Bezos menyebutkan dalam cuitannya, turis dapat menikmati pemandangan pada langit biru. Melepaskan sabuk pengaman dan menikmati kondisi tanpa gravitasi. Pada bulan Oktober tahun lalu Bezos menyebutkan bahwa turis bisa menikmati pemandangan orbit 18 bulan lagi. (psr)

#Roket Antariksa
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan