‘Blue Beetle’ Geser Dominasi ‘Barbie’ di Peringkat Teratas Box Office AS

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 21 Agustus 2023
‘Blue Beetle’ Geser Dominasi ‘Barbie’ di Peringkat Teratas Box Office AS
Debut 'Blue Beetle' masih jauh dari ekspektasi. (Foto: YouTube/DC)

SETELAH sukses menguasai box office selama empat akhir pekan, Barbie kini turun ke posisi kedua saat film pahlawan super Blue Beetle dari DC mengambil posisi teratas di tangga urutan box office AS.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, Minggu (20/8), Blue Beetle debut dengan meraup USD 25,4 juta (Rp 389 miliar) di Amerika Utara. Sementara di luar AS, film ini berhasil meraup USD 18 juta (Rp 275 miliar) dari 63 pasar untuk total pendapatan global sebesar USD 43,4 juta (Rp 665 miliar).

Dapat dimengerti mengapa film pahlawan super ini mungkin terasa sedikit mengecewakan. Blue Beetle tidak hanya datang di belakang ekspektasi, tetapi juga menjadi salah satu film yang debut dengan pendapatan terendah di antara judul film mana pun di DC Extended Universe.

Baca juga:

Greta Gerwig Jadi Sutradara Perempuan Berpendapatan Terbesar berkat Film 'Barbie'

Blue Beetle karya sutradara Ángel Manuel Soto adalah film pahlawan super live-action pertama Hollywood yang dibangun di sekitar protagonis Latin. Harapannya film ini menjadi terobosan bagi penonton Latin dan untuk representasi Latin di depan dan di belakang kamera.

Xolo Maridueña berperan sebagai lawan main Adriana Barraza, Damían Alcázar, Raoul Max Trujillo, Susan Sarandon, George Lopez, Elpidia Carrillo, Bruna Marquezine, Belissa Escobedo, Harvey Guillén dan Becky G.

Rilis Blue Beetle terhambat oleh aksi mogok SAG-AFTRA, yang berarti para pemeran film itu tidak dapat berpartisipasi dalam tur publisitas. Dalam hal reaksi penonton dan kerusakan demo, film ini memperoleh skor B+ di situs CinemaScore.

Di urutan kedua film blockbuster dari Greta Gerwig, Barbie, menambahkan USD 21,5 juta (Rp 329 miliar) ke kantong pendapatannya di AS dan kini total pendapatannya di AS telah mencapai USD 567,3 juta (Rp 8,6 triliun). Kemudian, diluar AS film ini menghasilkan USD 26 juta (Rp 398 miliar) membuat total pendapatan di luar AS menjadi USD 711,9 juta (Rp 10,9 triliun) dan total pendapatan globalnya menjadi USD 1,279 miliar (Rp 19,6 triliun).

Oppenheimer karya Christopher Nolan, menempati urutan ke tiga setelah akhir pekan kelimanya, dengan menambahkan USD 10,6 juta (Rp 162 miliar) ke kantong pendapatannya di AS. Oppenheimer dari Universal menyelesaikan tonggak sejarah lain akhir pekan ini, dengan berhasil melampaui angka pendapatan USD 700 juta (Rp 10,7 triliun) secara global untuk menjadi film terbesar keempat dari Nolan yang pernah ada.

Hingga Minggu total pendapatan film itu di AS telah mencapai USD 285,2 juta (Rp 4,3 triliun). Di luar AS Oppenheimer telah meraup total USD 432,6 juta (Rp 6,6 triliun) membuat total pendapatan globalnya menjadi USD 717,8 juta (Rp 11 triliun).

Baca juga:

'Heart of Stone' Trending di Netflix, Baca Dulu nih Sinopsisnya

Urutan keempat ditempati oleh Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem dari Paramount. Film ini hanya berhasil meraup sekitar USD 8,4 juta (Rp 128 miliar) di akhir pekan ketiganya untuk total pendapatannya di AS yang kini menjadi USD 88,1 juta (Rp 1,3 triliun).

Film baru dari Universal bertema komedi yakni Strays, kesulitan untuk meraih posisi atas tangga urutan box office AS. Film ini hanya berhasil meraup sekitar USD 8,3 juta (Rp 127 miliar) di AS, dan membuatnya berada di urutan kelima tangga box office AS.

Strays mendapatkan skor B+ di situs CinemaScore, menjadi film dalam rangkaian komedi musim panas berperingkat R (dewasa) yang gagal di box office. Pengisi suara film yang kebanyakan bintang besar seperti Will Ferrell , Jamie Foxx, Isla Fisher, Randall Park, dan Josh Gad juga tidak mampu mendongkrak film ini. (kna)

Baca juga:

Bradley Cooper Hadapi Reaksi Keras soal Penggunaan Hidung Prostetik di 'Maestro'

#Film #Box Office
Bagikan
Ditulis Oleh

Krisna Bagus

work smart, play hard.
Bagikan