Blokade Seminar Sejarah, Forum 65 Sebut Polisi Melanggar Konstitusi Situasi penjagaan seminar Pengungkapan Kebenaran Sejarah 1965/66 di Gedung LBH Jakarta, Jakarta, Sabtu (16/9). (Istimewa)

MerahPutih.com - Forum 65 selaku panitia penyelenggara seminar Pengungkapan Kebenaran Sejarah 1965/1966 yang digelar di LBH Jakarta, menyayangkan aksi blokade yang dilakukan Polisi atas dasar tak adanya surat pemberitahuan.

"Blokade yang dilakukan oleh polisi adalah upaya sistematis dari kepolisian untuk melakukan pembungkaman pada sekelompok orang yang ingin melaksanakan sebuah studi dan kajian," kata Koordinator Forum 65 Bonnie Setiawan dalam keterangannya, Sabtu (16/9).

Bonnie menilai, blokade yang dilakukan polisi sudah melanggar konstitusi mengenai kebebasan berserikat dan berkumpul. Apa yang dilakukan panitia seminar, menurut Bonnir adalah tindakan akademis. "Itu tidak melanggar hukum," tegas Bonnie.

karena itu, Forum 65 mengecam sikap tidak manusiawi polisi yang membiarkan para lansia duduk dan berdiri di pinggir jalan buntut tidak diperbolehkannya gelaran acara tersebut.

Bonnie juga meminta kepada Kapolri Tito Karnivan untuk bertindak tegas dengan melakukan jaminan keamanan demi proses demokrasi tanpa pembungkaman tanpa terkecuali. "Pada siapa pun setiap warga negara Indonesia," kata Bonnie. (Ayp)

Baca berita terkait seminar sejarah lainnya di: Tak Kantongi Izin, Panitia SPK 1965/1966 Sesalkan Tindakan Kepolisian

Kredit : anggayudha

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH