Musik

Blok M Music Conference Rayakan Hari Musik Nasional

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 09 Maret 2021
Blok M Music Conference Rayakan Hari Musik Nasional
M Bloc Space hadirkan sesi diskusi untuk masa depan industri musik Indonesia. (instagram@mblocpsace)

TIDAK bisa dimungkiri, belantika musik di Indonesia mengalami perubahan drastis ketika pandemi melanda. Salah satu yang paling kentara ialah perpindahan konser musik ke format digital. Meskipun demikian, untuk beberapa genre, format tersebut tidak berlaku.

Momen Hari Musik Nasional pada 9 Maret tahun ini menjadi saat yang pas untuk menentukan kebangkitan kembali musik Indonesia setelah pandemi. Untuk itu, Angin Ancol Movement berkolaborasi dengan M Bloc Space menggagas Blok M Music Conference bertema Kebangkitan musik nasional pascapandemi. Kapan atau kapan-kapan?.

BACA JUGA:

Adiva Isi Soundtrack Serial 'Kisah untuk Geri'

“Merayakan #HariMusikNasional dengan menyambut sinyal positif bahwa kita akan segera dapat bekerja kembali. Menyelenggarakan konser secara offline dengan cara dan ketentuan yang baru,” ujar pernyataan dalam unggahan di akun Instagram M Bloc Space, Senin (8/3).

Seluruh acara tersebut nantinya akan disiarkan langsung dari M Bloc Live House melalui kanal YouTube M Bloc Space. Dengan demikian, seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati sesi diskusi yang terjalin dalam acara ini.

m bloc
Berbagai sesi diskusi yang hadir di acara Blok M Music Coference. (instagram@mblocspace)

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejak tahun lalu mulai menyosialisasikan Panduan Penyelenggaraan Event Offline. Namun hingga kini, belum banyak konser offline yang dapat direalisasikan karena terkendala aturan dan perizinan.

Oleh karena itu, melalui pertemuan yang menghadirkan berbagai pemangku kepentingan ini, lahir ada strategi untuk menentukan langkah para pelaku industri musik selanjutnya.

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan penyelenggara melalui akun Instagram resmi M Bloc, diskusi tentang permusikan dalam konferensi tersebut akan dibagi menjadi beberapa sesi.

m bloc
Blok M Music Conference diisi acara diskusi panel. (instagram@mblocspace)

Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB itu menghadirkan berbagai diskusi panel. Acara dibuka dengan diskusi panel ‘Menunggu Hari Dikabulkannya Perizinan Konser Offline’ dengan narasumber Kepala Divisi Humas Kapolri Irjen Argo Yuwono, Kasubdit Seni Media Direktorat Kesenian Kemndikbud Edi Irawan, hingga pelaksa tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gumilar Ekalaya yang dimulai pada pukul 09.30-11.00 WIB.

Kemudian, dilanjutkan dengan diskusi panel ‘Masa Depan Festival Musik Outdoor di Indonesia’ dengan narasmber Festival Director Synchronize Festival David Karto, dokter yang juga mantan Satgas COVID-19 dr Tirta, dan musisi serta Program Director Flavs Festival Yacko pada pukul 13.00-14.30 WIB.

Sesi diskusi lainnya yang bisa kamu ikuti di acara ini, yakni ‘Fenomena Musisi Rindu Order Tapi Takut COVID19’ dan ‘Kiat-kiat Bertahan dan Strategi Para Manajer Artis di Masa Pandemi’.

Diharapkan, sesi diskusi berbagai elemen dari dunia musik Indonesia ini bisa memberikan titik terang bagi pelaku industri musik maupun para penikmat musik di Indonesia.(far)

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan