TCL tak akan Lagi Jual BlackBerry? BlackBerry dikabarkan akan menghentikan produksi ponselnya (Foto: pixabay/user1462590383)

BRAND yang menjaga ponsel BlackBerry tetap hidup di sebagian besar dunia, TCL Communication, berencana menghentikan penjualan ponsel BlackBerry akhir tahun ini.

Dalam tweetnya, TCL mengumumkan bahwa mereka 'tak akan lagi menjual' ponsel bermerek BlackBerry pada 31 Agustus 2020. Ini karena TCL kontrak lisensi untuk merancang dan memproduksi BlackBerry sudah berakhir.

Baca Juga:

Sempat Hebohkan Dunia Maya, Akhirnya Peretas Server Nintendo Dibekuk FBI

BlackBerry akan kehilangan mitra manufaktur (Foto: artificalog)

BlackBerry memutuskan pada 2016 berhenti membuat ponsel sendiri, bertahun-tahun gagal melisensikan mereknya.

Kesepakatan linsensi terbesar dengan TCL sejak Desember 2016. memberikan hak hampir global untuk merancang dan menjual ponsel bermerek BlackBerry.

Desainnya pun beragam, bergaya BlackBerry klasik dengan fungsi seperti ponsel Android modern. Namun, tak ada perangkat yang booming, perangkat terbaru mereka pun mendapat ulasan buruk.

Tanpa TCL membuat ponsel baru, ada kemungkinan merek BlackBerry akan menghilang. BlackBerry memang memiliki mitra manufaktur ponsel lain, tapi hubungan mereka jauh lebih terbatas.

Baca Juga:

Putra Mahkota Arab Saudi Retas Ponsel Jeff Bezos Via WhatsApp?

Kemungkinan Besar BlackBerry akan hentikan produksi ponsel sementara di akhir tahun (Foto: pixabay/disguishe-truth)

Namun saat dihubungi The Verge, BlackBerry belum memberikan komentar apapun. Belum ada kabar juga apakah BlackBerry akan mencari manufaktur lain, atau justru mulai membuat ponsel sendiri.

TCL mungkin akan mengambil langkah yang lebih besar. Perusahaan tersebut memang perlahan membangun nama selama beberapa tahun terakhir ini. Salah satunya dengan cara membuat ponsel dari beberapa brand berbeda, seperti BlackBerry, Alcatel dan Palm.

Tahun ini, TCL bermaksud membuat ponsel dengan nama sendiri. Sepertinya, meninggalkan BlackBerry bisa memberikan perusahaan lebih banyak waktu untuk fokus pada perangkatnya sendiri. (ryn)

Baca Juga:

Karena Tekanan FBI, Apple Batalkan Rencana Enkripsi iCloud

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH