Black Panther Siap Borong Piala di Oscar 2019 Black Panther (Foto: instagram @blackpanther)

KESUKSESAN film Black Panther membuat Disney dan Marvel Studios mengajukan film tersebut untuk banyak kategori Academy Awards 2019 atau yang lebih dikenal dengan Piala Oscar.

Marvel meminta penyelenggara Oscar untuk mempertimbangkan Black Panther agar masuk sebagai nominasi. Ada beberapa kategori yang diincar, mulai dari best picture hingga best original song. Secara total, ada total 16 kategori Academy Awards 2019 yang diajukan oleh Disney.

Black Panther. (Foto: Instagram @blackpanther)

Keenam belas kategori yang diincar film laris ini, yaitu best picture, best director (Ryan Coogler), best adapted screenplay (Ryan Coogler & Joe Robert Cole), best actor (Chadwick Boseman), best supporting actor (Michael B Jordan, Martin Freeman, Daniel Kaluuya, Winston Duke, Sterling K Brown, Forest Whitaker, dan Andy Serkis), best supporting actress (Lupita Nyong’o, Danai Gurira, Letitia Wright, dan Angela Bassett), serta best cinematography (Rachel Morrison).

Selain itu, ada juga best film editing (Michael P Shawver, Debbie Berman), best production design (Hannah Beachler, Jay Hart), best costume design (Ruth Carter), best makeup & hairstyling (Joel Harlow, Camille Friend, Ken Diaz), best sound mixing (Steve Boeddeker, Brandon Proctor, Peter Devlin), best sound editing (Benjamin A Burtt, Steve Boedeker), best visual effects (Geoffrey Baumann, Jesse James Chisholm, Craig Hammack Sudick), best original score (Ludwig Goransson), dan best original song (All the Stars).

Black Panther dianggap sebagai pelopor untuk kategori 'film populer' di Oscar. Meskipun demikian, Academy menunda rencana itu karena melihat reaksi publik. Saat ini Black Panther dijagokan akan berkompetisi untuk best picture karena banyak berpendapat film tersebut amat pantas bersaing untuk kategori tersebut.

Black Panther mengakhiri rekor pentas teaternya sebagai film ketiga dalam sejarah yang menghasilkan lebih dari US$ 700 juta di box office domestik. Selain itu, film aksi ini juga telah meraih pendapatan lebih dari US$ 1,3 miliar di seluruh dunia.

Presiden Marvel Studios Kevin Feige sebelumnya telah berbicara tentang potensi Oscar dari Black Panther. "Saya pikir ada banyak seniman luar biasa yang membantu membuat film itu, dan akan sangat luar bisa jika mereka dapat diakui," ucap Feige kepada Vox.

Lebih lanjut, Feige menambahkan bahwa para kru yang bekerja untuk film Black Panther sudah memberikan yang terbaik, khususnya untuk desainer produksi Hannah Beachler, desainer kostum Ruth Carter, dan Ryan Coogler yang ikut menulis naskah bersama Joe Robert Cole.

Black Panther diusulkan masuk ke 16 kategori Oscar. (foto: Instagram @blackpanther)

Sebagai salah satu film superhero tersukses Marvel, Black Panther melibatkan unsur budaya yang dikombinasikan dengan hal-hal tentang Afrika. Negeri fiktif Wakanda dibangun dengan inspirasi dari benua yang berjuluk 'Benua Hitam' tersebut.

Oscar 2019 akan digelar pada 24 Februari 2019 di Dolby Theatre Los Angeles.(Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Jawatan Benculuk, Wisata Instagramable ala Hutan 'Alice in Wonderland' di Banyuwangi

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH