'Black Box' Rimbun Air Ditemukan, Segera Dibawa ke Timika

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 16 September 2021
'Black Box' Rimbun Air Ditemukan, Segera Dibawa ke Timika
Personel SAR Timika menurunkan jenazah tiga awak pesawat Rumbun Air PK OTW dari dalam pesawat ke mobil ambulans untuk dibawa ke RSUD Mimika, Kamis (16/9/2021). (ANTARA/SAR Timika)

Merahputih.com - Kotak hitam atau Black Box pesawat Rimbun Air PK OTW yang jatuh di Perbukitan Kampung Bilogai, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya Rabu (15/9) berhasil ditemukan oleh Tim SAR gabungan di lokasi kecelakaan pada Rabu (15/9) malam.

Rencananya, Black Box akan dibawa ke Timika hari ini dengan dikawal enam personel SAR Timika dari Sugapa dengan penerbangan pesawat perintis.

Baca Juga:

Pesawat Twin Otter Hilang Kontak di Intan Jaya Papua

"Tadi malam Tim SAR gabungan bergerak menuju lokasi kecelakaan pesawat Rimbun Air dan berhasil membuka badan pesawat di bagian ekor untuk mengeluarkan kotak hitam. Tim sudah kembali ke Posko di Sugapa dan rencananya siang ini kotak hitam akan dibawa ke Timika," jelas Kepala Kantor SAR Timika George Mercy L Randang, Kamis (16/9).

Selanjutnya kotak hitam itu akan diamankan sementara di Kantor Basarnas Timika atau Pangkalan TNI AU Yohanes Kapiyau Timika. Nantinya Black Box itu akan diserahterimakan ke KNKT yang akan segera tiba di Timika.

Personel SAR Timika menurunkan jenazah tiga awak pesawat Rumbun Air PK OTW dari dalam pesawat ke mobil ambulans untuk dibawa ke RSUD Mimika, Kamis (16/9/2021). (ANTARA/SAR Timika)

Sementara itu, jenazah ketiga awak pesawat Rimbun Air masing-masing Pilot Hj Mirza co pilot Fajar dan teknisi Iswahyudi tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika pada Kamis pagi pukul 08.33 WIT.

Begitu pesawat parkir di Apron Pesawat Kargo Bandara Timika, personel Basarnas Timika langsung memindahkan jenazah ketiga korban yang sudah dimasukkan dalam kantong jenazah ke mobil ambulans milik Rumkitban TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Adapun kondisi ketiga jenazah awak pesawat Rimbun Air PK OTW masih bisa dikenali. "Informasinya masih bisa dikenali semua," kata Mercy.

Baca Juga:

Pesawat Rimbun Air Ditemukan 3,4 Km dari Bandara Nabire, Begini Kondisinya

Mercy menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua unsur potensi SAR yang terlibat dalam proses evakuasi jenazah ketiga awak pesawat Rimbun Air PK OTW mulai dari jajaran TNI, Polri dan Satgas TNI-Polri di Kabupaten Intan Jaya, masyarakat dan para tokoh.

"Mewakili Kepala Basarnas, unsur SAR Jayapura dan unsur SAR Biak yang membawahi Nabire hingga Intan Jaya, kami menyampaikan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu sehingga korban bisa dievakuasi ke Timika dalam keadaan aman," ujarnya. (Knu)

#Breaking #Pesawat #Pesawat Hilang #Insiden Pesawat #Kecelakaan Pesawat
Bagikan
Bagikan