BKSDA Aceh Sebut Jumlah Harimau Sumatera Tinggal 250 Ekor Harimau terjerat perangkap di Aceh Tengah. (BKSDA Aceh/ksdae.menlhk.go.id)

MerahPutih.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melaporkan jumlah harimau Sumatera di provinsi paling barat Indonesia tinggal 250 ekor.

Kondisi itu disampaikan Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo kepada wartawan, bahwa harimau Sumatera di antaranya masih ditemukan di Taman Nasional Gunung Leuser berjumlah sektar 100 ekor.

Salah satu musuh besar harimau Sumatera ada alih fungsi hutan. Selain itu, ada kasus harimau yang terjerat oleh warga atau kasus pemburuan yang semakin memempercepat kepunahan.

Misalnya salah satu kasus, BKSDA Aceh melaporkan telah dilakukan penyelamatan terhadap harimau yang terjerat oleh kawat seling yang berlokasi dalam kawasan hutan lindung di Aceh Tengah. Beruntung harimau itu masih bisa diselamatkan dan masuk kembali ke hutan.

Selanjutnya tim patroli melakukan pengecekan terhadap lokasi jerat dan segera membersihkan jerat-jerat yang terpasang. Hasil pembersihan oleh tim didapatkan 9 jeratan kawat seling yang dipasang oleh pemburu.

Pemerintah Provinsi Aceh telah melakukan beberapa kebijakan agar harimau Sumatera terhindar dari kepunahan. Pemerintah telah melakukan moratorium penebangan hutan, moratorium tambang, dan izin pembukaan lahan sawit. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH