BKN Perkirakan Pendaftaran CPNS 2021 Capai 5 Juta Peserta

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 29 Juni 2021
BKN Perkirakan Pendaftaran CPNS 2021 Capai 5 Juta Peserta
Ilustrasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). - Antara/Umarul Faruq

MerahPutih.com - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) memperkirakan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 akan lebih banyak dari 2020 lalu, karena jumlah formasi yang dibuka cukup banyak.

Pemerintah melalui BKN sendiri menyediakan 1.275.387 formasi kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2021 untuk instansi pusat dan daerah.

Baca Juga

Besok BKN Mulai Buka Pendaftaran CPNS, Ini Syaratnya

"Di tahun 2021 ini karena formasi luar biasa besar. Maka diperkirakan potensi pendaftarnya mencapai 5 juta orang," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suherman melalui kanal YouTube BKN, Selasa (29/6).

Mengingat seleksi CPNS tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, lanjut Suherman, maka protokol kesehatan (prokes) akan dilakukan secara ketat.

"Kita tidak ingin penerimaan atau seleksi CPNS kemudian menjadi klaster baru di dalam penyebaran COVID-19," ucap Suherman.

Ujian CPNS. Foto: ANTARA

Tapi, kata Suherman, jika dalam keadaan normal seleksi akan dilaksanakan sebanyak lima sesi, maka saat pendemi akan dilakukan hanya tiga sesi saja.

Ia juga menyampaikan, jika waktu seleksi ASN akan lebih panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain karena jumlah sesi yang berkurang, jumlah formasi yang banyak juga membuat waktu pelaksanaan diperpanjang.

Oleh karena itu koordinasi yang erat diseluruh instansi, kerjasama, dan sinergi, serta stamina yang lebih baik bagi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) maupun panitia instansi.

Seperti diketahui, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan pendaftatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang dimulai pada Rabu (30/6). (Asp)

Baca Juga

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Dibuka Besok, Tersedia 1,2 Juta Formasi

#Penerimaan CPNS #Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan