BJ Habibie Wafat, Pemerintah Ajak Masyarakat Naikkan Bendera Setengah Tiang Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. (Foto: setkab.go.id)

MerahPutih.Com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno meminta kepada seluruh lembaga negara dan pemerintahan daerah untuk memasang bendera setengah tiang. Ini sekaligus penghormatan kepada Presiden ketiga RI BJ Habibie.

"Kami imbau masyarakat juga pada kantor lembaga negara, pemerintah, baik di dalam atau luar untuk kibarkan bendera setengah tiang sampai 14 September. Saya kira itu yang bisa kami sampaikan. Sekali lagi doa utk almarhum dan prosesi berjalan lancar," kata Pratikno kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/9).

Baca Juga:

Suasana Rumah BJ Habibie di Patra Kuningan

Pratikno melanjutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan pada dirinya agar seluruh persiapan pemakaman esok dipersiapkan dengan baik.

Suasana di rumah BJ Habibie di kawasan Patra Kuningan Jakarta
Suasana di kediaman BJ Habibie, kawasan Patra Kuningan, Jakarta (MP/Ponco Sulaksono)

"Kami koordinasi ke Garnisun, slot makan di samping almarhum ainun habibie. Di slot 120 121. Besok insya allah upacara dipimpin bapak presiden," kata Pratikno.

" Mohon doanya agar persiapan bagus dan almarhum semoga khusnul hatinah," ungkap dia.

Sampai saat ini, jam pemakaman belum ditentukan.

"Kami koordinasi dengan keluarga. Jam berala belum diputuskan. Ini suasana sangat berduka. Diharapkan malam ini diputuskan malam ini dimakamkan jam berapa," ungkap Pratikno.

Kediaman mendiang BJ Habibie mulai dijaga petugas TNI dan Polri
Personel TNI dan Polri mulai berjaga di kediaman BJ Habibie kawasan Patra Kuningan, Jakarta (MP/Ponco Sulaksono)

Sementara itu, sejumlah personel TNI, Polri dan Paspampres melakukan penjagaan di sekitaran rumah Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9) malam.

Baca Juga:

Ketua KPK Doakan BJ Habibie Husnul Khatimah

Selain itu, para awak media dari cetak, online dan televisi juga terus berdatangan ke rumah duka. Namun, belum ada pihak yang memberikan pernyataan resmi kepada wartawan.

Sementara itu, sejumlah persiapan terus dilakukan di luar rumah mantan Menteri Riset dan Teknologi ini. Salah satunya dengan memasang tenda.

BJ Habibie menghembuskan nafas terakhir di Cerebro Intensive Care Unit (CICU), Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Subroto, Rabu (11/9) setelah berjuang melawan penyakit yang dideritanya selama ini.(Knu/Pon)

Baca Juga:

Presiden Jokowi Sampaikan Bela Sungkawa Atas Wafatnya BJ Habibie

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH