Headline

Bitcoin Marak, Begini Saran Satgas Waspada Investasi

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 14 Desember 2017
Bitcoin Marak, Begini Saran Satgas Waspada Investasi
Bitcoin adalah salah satu uang digital yang tengah ramai diperbincangkan. (Foto: Istimewa)

MerahPutih.Com - Mata uang virtual kini tengah naik daun di kalangan masyarakat. Salah satu yang paling fenomenal yakni bitcoin. Saking antusiasnya demam bitcoin muncul sejumlah penawaran secara daring. Satgas Waspada Investasi meminta masyarakat untuk hati-hati terhadap bitcoin atau mata uang virtual.

"Mata uang virtual bukan merupakan instrumen investasi keuangan yang memiliki regulasi. Perdagangannya lebih bersifat spekulatif karena memiliki risiko yang tinggi," kata Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (14/12).

Tobing mengatakan terdapat beberapa entitas yang menawarkan mata uang virtual bukan bertindak sebagai "marketplace", tetapi justru memberikan janji imbal hasil tinggi. Ia juga mengingatkan bahwa Bank Indonesia telah menyatakan bahwa mata uang digital tidak dapat digunakan sebagai alat tukar.

Sebelumnya, CEO "bitcoin.co.id" Oscar Darmawan menjelaskan dirinya lebih memandang bitcoin sebagai aset digital, berbasis teknologi publik "blockchain".

Oscar Darmawan menjelaskan naik dan turunnya harga pada aset digital berdasarkan permintaan dari masyarakat dunia dan penawaran dari token-token di "blockchain".

Menurut Oscar sebagaimana dilansir Antara, bitcoin harus diregulasi dalam arti transaksi digital aset harus diberi izin khusus.Namun, yang diatur bukan komoditas bitcoinnya, melainkan lembaga yang melakukan pertukaran mata uang kripto dengan mata uang suatu negara.

Hal tersebut bertujuan agar semua transaksi bisa dimonitor, sehingga mampu mencegah pencucian uang.(*)

#Satgas Waspada Investasi #Bitcoin #Uang Digital
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan