Bisnis Semakin Praktis dan Aman dengan Inovasi Tanda Tangan Digital Tanda tangan digital membuat transaksi lebih praktis (Foto Pexels/rawpixel.com)

TANDA tangan digital menjadi inovasi terbaru dalam berbisnis. Bersamaan dengan itu, identitas digital juga berdampingan dengan tanda tangan digital. Kedua teknologi ini terbukti dapat meningkatkan efisiensi bisnis.

Jadi apa fungsi tanda tangan digital? Tanda tangan digital dapat memudahkan proses bisnis. Contohnya dalaperbankan. Untuk membuat rekening, calon nasabah enggak perlu datang ke bank dan bertatap muka dengan teller.

Nasabah dan teller cukup melakukan transaksi dari tempat masing-masing. Melalui video call, kemudian calon nasabah tersebut bisa melakukan tanda tangan digital, untuk mensahkan transaksi.

Agaknya memang terdengar enggak aman. Namun, keamanan tanda tangan digital terjamin dengan adanya privyid, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang RegTech (Regulatory Technology). Solusi yang ditawarkan perusahaan ini sangat aman.

Perusahaan itu memiliki teknologi yang mampu memberikan data pribadi yang lebih menyeluruh bagi pengguna jasa. Ditambah, dapat meminimalisir risiko penipuan siber bagi pelaku bisnis.

Baca juga:

Sudah Saatnya Perempuan Mengenal Teknologi

Marshall Pribadi (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Menurut CEO privyid, Marshall Pribadi, tanda tangan digital dapat membuat jalanya transaksi lebih praktis. Selain itu, tanda tangan digital juga akan memangkas biaya administrasi yang biasanya sering digunakan untuk kertas formulir.

"Tanda tangan digital lebih murah karena gak perlu ada biaya printing lagi," ujar Marshall saat ditemui di Senopati, Jakarta Selatan, Senin (20/5)

Marshall menambahkan, privyid menggunakan teknologi asymmetric cryptography dan public key infrastructure. Teknologi tersebut berfungsi unutk menerbitkan tanda tangan bersertifikasi. " Tanda tangan digital bersertifikasi melekat pada identitas yang terverifikasi. Sehingga memiliki kekuatan hukum yang sah," tuturnya.

Salah satu bank di Indonesia juga sudah bekerjasama dengan perusahaan penyedia tanda tangan digital itu. Jika sebelumnya proses transaksi dilakukan manual. Sekarang, nasabah bank tersebut bisa membuka rekening dimanapun mereka berada.

Keamanan tanda tangan digital ini sangat terjamin. Karena, mereka juga sudah beroperasi dengan sistem keamanan informasi berstandar internasional. Bahkan sudah terlisensi juga oleh Kominfo. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH