Lancarkan Bisnis, Kuasai Internet Marketing

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 30 Oktober 2020
Lancarkan Bisnis, Kuasai Internet Marketing
Techminar yang diadakan Kreen Indonesia. (Foto: Istimewa)

INTERNET jadi hal wajib yang yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari sekadar untuk hiburan, mencari informasi, bertatap muka lewat aplikasi, sampai berbisnis. Pemasaran melalui dunia digital ini kemudian kita kenal dengan istilah internet marketing.

Bertajuk Internet Marketing Strategy & Mystery, Techminar yang diadakan Kreen Indonesia menghadirkan beberapa narasumber yang berpengalaman di bidangnya. Antusiasme 193 partisipan siap mendengarkan dan berdiskusi bagaimana caranya agar bisnis yang kita jalani bisa sukses lewat internet marketing.

Kebingungan menjadi penyebab sebagian besar masyarakat untuk memulai bisnis online. Tidak hanya produk yang dijual, penggunaan laman resmi ternyata penting untuk membuat bisnis kita semakin luas.

Bisnis Semakin Lancar, Ketahui Tips Internet Marketing
Penggunaan media sosial sangat penting untuk berbisnis. (Foto: Unsplash/Headway)

Baca juga:

Internet Marketing Strategy & Mystery: Memahami Cara Kerja Internet Marketing

“Pertama kita harus pilih kita mau jualan apa, lalu laman resmi, dan nama brand. Kita harus beli domain terlebih dahulu, ya minimal .com atau .net. Enggak perlu yang mahal-mahal, ada kok yang Rp150 ribu per tahun,” ujar Dhika Kurniawan, Head of Digital Marketing di Kalbe Nutritionals.

Kamu juga bisa melilhat peluang terkait produk apa yang sedang ramai dibeli pada masanya. Misalnya saja di masa pandemi ini hobi bersepeda mulai ramai dilakukan, maka dari itu, kamu bisa berjualan sepeda.

Penggunaan media sosial dalam berbisnis juga tidak kalah penting. Lihat saja bagaimana para pebisnis menarik perhatian konsumen dengan konten-konten menarik yang mereka unggah di media sosial. Setiap produk pasti memiliki tempatnya masing-masing.

“Selain laman resmi, kamu juga harus main di media sosial. Liat angka pasarnya, apakah Facebook, Instagram, atau kalau yang B2B bisa di Linkedin. Cukup fokus ke satu platform dulu aja, riset bagaimana cara produsen lain berkomunikasi dengan audiens,” kata Fadhil Dzikri Muhammad atau akrab dipanggil kang Fadhil selaku Owner Apookat Digital Agency dan SEO Specialist PT Variasi MX.

Baca juga:

Milenial, 'Digital Marketing' Bisa Bantu Kamu dapat Banyak Cuan

Berbeda platform, berbeda juga cara pemasarannya. Di masa pandemi COVID-19 ini, TikTok menjadi salah satu platform yang melonjak tinggi. Mengutip laman Wallaroo Media, TikTok saat ini memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif di dunia. Tidak ada salahnya untuk melakukan pemasaran produkmu melalui TikTok, lho.

Buat kamu yang punya toko online, ternyata enggak masalah kalau konsumen hanya sekadar bertanya atau melihat produk yang kamu jual.

“Google itu melihat respawn rate-nya. Yang penting adalah pelayanan kita kepada pembeli. Toko kita dengan toko yang lain pasti menjual produk yang sama, tapi belum tentu pelayanannya sama,” tutur Reza Putra selaku SEO Lead di Tokopedia.

Bisnis Semakin Lancar, Ketahui Tips Internet Marketing
Tidak ada salahnya mencoba memasarkan produkmu di TikTok. (Foto: Unsplash/Hello I'm Nik)

“Walaupun mereka enggak beli ya gak masalah. Yang penting bagaimana cara kita menghibur, tutur kata kita, pintar ngelucu, kasih bonus, ya pelayanan lah intinya,” lanjutnya.

Kang Fadhil pun memberikan tips bagaimana caranya mengoptimalikan penggunaan media sosial bagi bisnis kita.

“Cari username yang mudah diingat, kemudian foto profil yang menandakan bisnis kalian, kalau bisa logo bisnisnya. Manfaatkan bio dan kamu bisa kasih linktree,” ucapnya.

Nah selain itu, Sobat Merah Putih juga harus membuat konten yang menarik dan edukatif, misalnya bisa berupa kuis, video, infografis, foto, atau challenge. Ingat, jangan sampai konten kalian itu monoton ya.

“Jangan pernah bosen untuk belajar internet marketing dan gali ilmu di google dan media sosial. Jangan gampang percaya brand atau orang lain. Kita harus pikirkan dulu ini masuk akal atau tidak,” tutup Reza. (and)

Baca juga:

Tingkatkan Bisnis Properti Bisa Gunakan Digital Marketing

#Bisnis
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan