Bisnis Kecil Bertahan Saat Pandemi COVID-19, Apakah bisa? Menurunnya bisnis kecil akibat pandemi COVID-19 (Foto: Pixabay/Chronomarcie)

PANDEMI virus Corona tentu memengaruhi jalannya bisnis kecil. Bisnis yang lebih besar memiliki peluang lebih baik untuk bertahan hidup. Sementara bisnis kecil cenderung hidup hanya dengan arus kas beberapa bulan.

Melansir dari Entrepreneur, ketika sesuatu yang secara signifikan menghantam sebuah bisnis seperti virus Corona, dapat mengancurkan pemilik maupun karyawannya. Jadi, bagaimana bisnis kecil bisa dapat bertahap di bawah melonjaknya pandemi COVID-19 ini?

Baca juga:

Bisnis Tetap Berkembang di Tengah Wabah COVID-19, Begini Kiatnya

Tentu bisa. Setidaknya empat hal ini perlu mulai kamu lakukan agar bisnis kecilmu tetap bertahan selama pandemi. Terapkan juga empat hal ini selama tiga bulan ke depan, misalnya:

1. Jangan panik dan tetap tenang

Hindari sikap panik (Foto: Pixabay/Xusenru)

Hal ini tentu saja akan sangat sulit, tapi harus dilakukan. Cobalah menjaga diri sendiri dengan cara kerja yang benar, seperti makan dengan baik dan berolahraga. Merawat diri sendiri akan membantu kamu tetap tenang, dan pada akhirnya, pola pikir akan menjadi lebih sehat dan mampi menghasilkan ide-ide inovatif untuk bergerak lebih maju.

Jika dihadapkan dengan beberapa keputusan sulit, luangkan waktu untuk menyeimbangkan diri dan pikiranmu sebelum mengambil keputusan drastis. Mintalah beberapa pendapat dari orang-orang terpercayamu. Segalanya akan menjadi lebih baik, dan yang pasti kamu tidak sendirian dalam menjalankan bisnis kecilmu.

2. Manfaatkan sumber daya yang disediakan oleh pemerintah dan lembaga keuangan

Up to date dengan kondisi sekitar (Foto: Pixabay/CUsai)

Pemerintah diseluruh dunia telah menyusun inisiatif untuk mendukung pemilik bisnis kecil. Ini adalah sesuatu yang berkembang setiap harinya. Tetap update dengan bagaimana pemerintah membantu para pedagang kecil, sehingga bisa menjadi kesempatan kamu untuk tetap maju selama pandemi.

Baca juga:

Yuk Masak Sendiri Selama 'Self Isolation' dari Virus Corona

3. Buat rencana keuangan tiga bulan

Buat rencana keuangan (Foto: Pixabay/Stevepb)

Setiap bisnis kecil biasanya memiliki pengeluaran utama yang sama, seperti gaji karyawan, sewa kantor, dan tagihan lainnya. Perhatikan keuangan pribadimu. Lalu bicaralah dengan orang-orang yang memiliki kemampuan untuk merencanakan keuangan.

Salah satu biaya terbesar ialah untuk sewa tempat dan gaji karyawan. Mungkin dengan berat hati kamu harus memberhentikan secara sementara para karyawanmu atau merubah jadwal mereka berdasarkan proyek yang ada dengan sistem freelancer. Selain itu, pertimbangkan penggunaan ruang kerja bersama untuk biaya sewa yang lebih terjangkau dan fleksibel.

4. Cari berbagai peluang

Cari peluang baru (Foto: Pixabay/Qimono)

Tidak bisa dipungkiri, pandemi yang berlangsung cukup lama ini mengacaukan keadaan ekonomi manusia secara pesat. Hal ini tentunya memungkinkan kamu untuk mencoba kembali mencari suatu peluang yang memungkinkan untuk tetap memiliki penghasilan. Untuk itu, pekerjaan cadangan memang sangat diperlukan untuk "jaga-jaga".

Perlu diingat, poin-poin ini perlu kamu terapkan selama tiga bulan ke depan. Selamat mencoba! (nic)

Baca juga:

Cara Samsung Tetap Kokoh di Tengah Dampak Virus Corona


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH