Bisnis Jangan Mengharapkan Hasil, Fokus Dulu! Bisnis harus fokus jangan muluk-muluk dulu (Foto: Pexls/antas singh)

PILIHAN berpenghasilan melalui berbisnis memang sangat menggiurkan. Pasalnya, bayang-bayang kesuksesan sudah ada di benak. Padahal bisnis itu pun sebenarnya belum dimulai atau digeluti. Bagaimana tidak, tentu saja seorang pengusaha sukses pasti akan memiliki harta berlimpah.

Namun, sebenarnya hal tersebut terlalu muluk-muluk. Sebaiknya jangan langsung mengharapkan hasil dari berbisnis. Akan tetapi, cobalah untuk fokus dulu dalam bisnis yang ingin kamu geluti. Dengan demikian kelak hasil manis akan datang sendirinya.

Wajar saja hal tersebut terjadi. Sebab banyak figur pengusaha sukses yang menjadi inspirasi seseorang. Akan tetapi siapa yang tahu tantangan apa yang sudah dilewati pengusaha sukses tersebut sebelum mendapatkan hasil manis. "Kita terlalu terbiasa ngeliat konglomerat sukses. Tapi pas mereka pertama mulai mereka kan fokus," ungkap Aryo Ariotedjo, CEO Grupara kepada merahputih.com di Jakarta Selatan, Sabtu (11/8).

Pengusaha sukses memiliki harta berlimpah (Foto: Pexels/Pixabay)

Lebih dalam, permasalahan lain yang dimiliki pemain baru dalam dunia bisnis ialah tidak sabar. Misalnya saat usaha yang mereka bangun mengalami kesuksesan. Bukannya fokus dan tetap mengembangkan usahanya malah ingin membangun usaha lain.

Terkait hal ini, menurut mantan karyawan Medco itu sebaiknya tetap mengembangkan satu bisnis yang tengah berkembang ketimbang melirik kesempatan lain. Setelah benar-benar mengalami keberhasilan dalam satu bisnis, barulah selanjutnya tidak mengapa untuk melebarkan sayap ke bidang bisnis lain. "Kalau mau bikin usaha kita harus fokus, kalau jalan lu gedein. Tapi jangan pas lagi berkembang lu malah mikirin opportunity lain," tegas Aryo.

Konsisten pada bisnis kamu yang berkembang (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Di samping itu, masih ada lagi kesalahan yang dilakukan pelaku bisnis baru menurut Aryo. Tidak lain ialah memulai bisnis yang tengah tren dan hits alias hanya ikut-ikutan saja. Bisnis terbaik lanjut Aryo ialah membangun suatu bisnis yang benar-benari tidak berani dipilih orang lain. "Lihat opportunitynya aja sih ya. Justru gua menghindari tren Jadi kita cari bisnis yang memang ada problem lalu kita solve," imbuhnya.

Lantas umur berapa sebaiknya kamu memulai bisnis? Sebenarnya tidak ada batasan umur. Namun, berdasarkan penglaman Aryo saat seseorang menginjak usia 27 tahun ialah saat yang tepat untuk memulai bisnis. Pasalnya, saat memasuki umur tersebut emosi dan rasa egois seseorang dapat terkontrol. Karena dalam berbisnis sikap egois tentu saja harus dihindari. Berpikir realistis merupakan hal yang lebih bijak. "Kalau menurut saya sih ya umur 27 lah udah mulai, itu umur yang bagus menurut saya, udah experience dan dewasa," tukasnya.

Jadi Sahabat Merah Putih sudah berani terjun ke dunia bisnis? (ikh)

Baca juga: Trik Sukses Bisnis Tanpa Modal di Instagram

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH