Inspirasi
Bisnis Ikan Discus Tembus Puluhan Juta Rupiah Per Bulan Bisnis Ikan Discus sangat menjanjikan (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

SAAT pandemi melanda tanah air sekitar awal Maret 2020 lalu, sejumlah sektor bisnis terkena dampak yang buruk. Tak sedikit perusahaan yang gulung tikar lantaran tak bisa produktif.

Namun, di tengah pandemi, beberapa lini bisnis justru mengalami kenaikan omzet. Salah satunya yakni bisnis ikan discus. Seorang pebisnis ikan discus, Juniarto Tri Wibowo, mengaku bisa meraih omzet puluhan juta per bulan.

Baca juga:

Mengintip Cantiknya Ikan Cichlid Asal Afrika Bersama Cichlid Hobbies Indonesia

(Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Menurut Juniarto, omzetnya meningkat hingga tiga kali lipat dari biasanya. Dalam sebulan ia bisa meraup sekitar Rp20 jutaan. "Mungkin karena orang banyak menghabiskan waktu di rumah dan mengisi kekosongan waktu selama Work From Home," paparnya kepada merahputih.com, Kamis (11/9) di Bogor.

Saat mendapat omzet hingga puluhan juta, Juniarto mengaku pembelian jumlah ikan per orang cukup beragam. Dari mulai pembeli satuan, borongan satu tank, hingga ada yang memesan 150 ekor.

Singkat cerita Ijun, sapaan akrabnya, sudah memiliki ketertarikan bisnis ikan discus dari kecil. Hingga akhirnya, pada 2016 ia mulai menjadikan hobinya untuk meraih pundi-pundi rupiah.

Ijun memulai bisnis ikan discus dengan modal sekitar Rp5 juta rupiah. Kala itu, pria yang berprofesi sebagai jurnalis tersebut memulai dengan membeli dua buah akuarium ukuran 100x40cm dan delapan ekor ikan discus.

Berkat kegigihan dan usaha keras Ijun mengembangbiakan ikan discus, perlahan tapi pasti bisnisnya mulai berkembang. Saat baru setahun memulai bisnis, tepatnya pada 2017 Ijun meraih omzet sekitar Rp1,5 juta per bulan.

Baca juga:

Kisah Anang Buchori Pengusaha Ikan Cupang yang Punya Omset Puluhan Juta

Ijun berhasil meraih omset puluhan juta di saat pandemi COVID-19 (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Pada 2018 ijun bisa meraih omzet sekitar Rp4 juta per bulannya. Kemudian pada 2019 ia mulai mendapatkan banyak reseller, hingga bisa meraih Rp6 juta-Rp7 juta per bulannya.

Untuk pemasarannya, Ijun menggunakan media sosial facebook, instagram, dan e-commerce. Pembelinya pun cukup beragam, dari berbagai profesi dan berbagai kota di Indonesia, terutama pulau Jawa.

"Untuk saat ini belum ada ekspor ke luar negeri, karena di lokal sendiri permintaan ikan discus cukup banyak dari mulai wilayah Sidoardjo, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tegal, Semarang, Solo, Jogja, Blitar dan bandung," beber Ijun.

Ijun bersama dua orang rekannya Fajar dan Ganang membuat sebuah brand bernama Bro Discus (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Seiring mulai berkembangnya bisnis ikan discus, Ijun melebarkan sayap usahanya dengan berdiri di bawah satu brand bernama 'Bro Discus' yang diusung bersama dua orang rekannya, yakni Fajar Abdallah dan Ganang Eka Wardana.

"bro discus sebagai identitas, karena buat skala personal masing-masing masih belum terlalu besar, jadi ini dibuat untuk mencakup pasar yang lebih luas," jelas Ganang.

Dari ketiga orang pendiri Bro Discus, masing-masing memiliki tempat breeding, yakni di Cibubur, Cikeas, dan Cimanggis.

Namun, di tengah perjalanan bisnisnya, bukan berarti berjalan mulus begitu saja tanpa kendala. Salah satu kendala pada bisnis tersebut yakni wabah penyakit ikan karena pergantian cuaca ekstrem.

Bila penanganan wabah penyakit ikan salah, bisa menular sangat cepat antar akuarium yang ada di tempat breeding. Selain itu, masalah lainnya ialah perubahan parameter air akibat cuaca tak menentu yang berpengaruh pada kesehatan ikan.

View this post on Instagram

Snow White 5" Up #discus #discusindonesia #discusjakarta #discusfish

A post shared by BRO DISCUS (@bro_discus) on

Selain membagikan pengalamannya berbisnis Ikan Discus, Ijun juga membagikan beberapa tips bisnis bagi para pemula yang ingin memulai bisnis Ikan Discus.

Langkah pertama ialah persiapkan budget Rp1 juta-Rp3 juta untuk permulaan. Disarankan sebelum memulai bisnis, belajarlah memelihara dan merawat ikan discus terlebih dulu.

Setelah itu, mulai gali informasi dari beberapa forum di facebook seperti facebook Indonesia Discus Community, Discus Lover Indonesia, serta sumber-sumber lainnya dari internet.

Jika sudah dirasa cukup memiliki bekal pengetahuan tentang discus, carilah indukan yang bagus dan mulai perlahan untuk breeding. (ryn)

Baca juga:

Berawal dari Iseng, Bisnis Ikan Cupang Raup Omzet Rp500 juta

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Batal Liburan Tahun Lalu? Alokasi Dana ke Tahun Ini Saja
Fun
Batal Liburan Tahun Lalu? Alokasi Dana ke Tahun Ini Saja

Liburan tahun lalu sempat batal karena PPKM level 3.

Ria Ricis Isi OST Film 'Bus Om Bebek'
ShowBiz
Ria Ricis Isi OST Film 'Bus Om Bebek'

Ria Ricis, didapuk menjadi pengisi original soundtrack film' Bus Om Bebek'.

Aplikasi PeduliLindungi Sukses Cegah Kasus Positif Baru COVID-19
Fun
Aplikasi PeduliLindungi Sukses Cegah Kasus Positif Baru COVID-19

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi di tempat umum sangat efektif dalam mencegah penularan virus COVID-19, sehingga angka kasus positif baru bisa menurun.

Conor McGregor Main Film Bareng Jake Gyllenhaal
ShowBiz
Conor McGregor Main Film Bareng Jake Gyllenhaal

Debut pertama McGregor di dunia akting.

Bulan Fintech Nasional Jadi Momen Edukasi Keuangan
Hiburan & Gaya Hidup
Bulan Fintech Nasional Jadi Momen Edukasi Keuangan

Bulan Fintech Nasional diharap menjadi percepatan pemulihan nasional.

Taylor Swift Umumkan Album Baru ‘Midnights’ di Panggung MTV VMA 2022
ShowBiz
Taylor Swift Umumkan Album Baru ‘Midnights’ di Panggung MTV VMA 2022

Kumpulan kisah dari 13 malam tanpa tidur yang dirasakan sepanjang hidupnya.

Kemenangan Bersejarah Lee Jung-jae
ShowBiz
Kemenangan Bersejarah Lee Jung-jae

Menang dalam kategori dengan persaingan ketat.

Yang Harus Kamu Tahu tentang Mobil Penggerak Roda Depan dan Belakang
Fun
Yang Harus Kamu Tahu tentang Mobil Penggerak Roda Depan dan Belakang

Perbedaan sistem gerak pada roda depan dan roda belakang.

Slipknot Resmi akan Entak Hammersonic 
ShowBiz
Slipknot Resmi akan Entak Hammersonic 

Akan tampil di Hammersonic pada 19 Maret 2023.

Kesalahan dalam Menangani Makanan
Fun
Kesalahan dalam Menangani Makanan

Salah menangani makanan dapat menurunkan nilai gizinya.