Bisnis Bersama pasangan, Labanya Lebih Dekat Secara Emosional Berbisnis bersama pasangan harus memperhatikan profesionalismenya. (Foto: Pixabay/MabelAmber)

PERNAH terpikir untuk membangun bisnis bersama pasanganmu? Saat ini banyak pasangan yang membangun bisnisnya sebagai nafkah utama. Banyak untungnya sebenarnya berbisnis dengan pasangan. Meskipun demikian harus tetap berjalan secara profesional.

Melansir laman Swara.tunaiku, Joe Issid dalam Pros and Cons of Working With Your Spouse, ada keuntungan dan kerugian bekerja dengan pasangan. Keuntungan terbesar adalah motivasi bekerja dan kedekatan secara emosional. Namun yang harus diingat adalah menjaga sikap profesional dan menyimpan personal, juga memperhitungkan uang secara bersama sebagai bagian pemasukan bisnis.

Baca Juga:

Psikologi Penting dari Uang

1. Travel blogger

bisnis
Traveling bareng pasangan bisa menghasilkan uang. (Foto: Pexels/Fancycrave.com)

Nah, ini bisnis yang cocok buat kamu dan pasangan yang hobi traveling dan fotografi. Karena kamu enggak bakal kehabisan tempat-tempat yang keren. Kamu dan pasangan juga bisa menjadi tim dan berbagi tugas, kalau kamu suka menulis dan pasanganmu suka membidik foto yang menarik. Itu bisa menjadi kombinasi bisnis yang tepat.


2. Kuliner

makan
Bisnis kuliner tidak ada habisnya. (Foto: Unsplash/Jesson Mata)


Melansir laman Popbela, bisnis kuliner enggak pernah sepi dan memberikan pasar yang luas. Membuka usaha kuliner tak perlu langsung cafe atau resto yang besar. Bisa dimulai dari usaha kedai kecil yang menjual berbagai jenis camilan unik. Misalnya, kue coklat dan campuran matcha. Untuk mempromosikan bisnis kecil-kecilan dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.


3. Kost-kostan

room
Usaha kost-kostan sangat menjanjikan. (Foto: Pixabay/gery)

Melansir laman Hipwee, investasi tanah dan kost-kostan enggak pernah rugi. Apalagi saat ini kost-kostan yang strategis dekat kampus atau perkantoran dan pabrik harganya bisa sampai Rp500 ribu/bulan/kamar. Nah, kamu hanya perlu menyebarkan di media sosial atau membuat brosur untuk mempromosikan bisnis ini.

Baca Juga:

Pasanganmu Mendengkur? Waspada Terkena Polusi Suara

4. Jasa titip hewan

hewan
Banyak orang yang sekarang memelihara hewan, kadang mereka membutuhkan tempat untuk menitipkan peliharaannya bila memiliki urusan penting. (Foto: Pixabay/Fran__ )

Banyak orang yang bekerja kantoran dan masih melajang memiliki hewan peliharaan. Sayangnya mereka biasanya terjabak dalam kebingungan bila bepergian tugas luar kota atau liburan. Pasalnya tidak ada yang bisa merawat hewan peliharaannya selama mereka bepergia. Ini adalah kesempatan kamu dan pasangan membuat usaha jasa penitipan hewan. Kamu hanya cukup menyediakanberbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh hewan. Seperti kandang yang nyaman, makanan yang baik, grooming dan perawatan kesehatan bila diperlukan.


5. Seni & kerajinan tangan

seni
Berbisnis di jalur seni dan kerjainan tangan. (Foto: Unsplash/Bench Accounting)

Kamu juga bisa menjalankan bisnis ini dan mencari tahu karya seni apa yang saat ini diminati. Lalu, bisa kamu eksekusi dengan pasanganmu. Dapat juga membuat lukisan, bros, kerajinan yang unik agar bisa dijual melalui online atau offline.


6. Freelance

bisnis
Membuat berbagai kreasi untuk dunia digital. (Foto: Pixabay/rawpixel.com)

Melansir laman Swara.tunaiku, bisnis ini dikerjakan disela-sela pekerjaan tetap. Seperti penerjemah, website desain, website developer, dan lainnya yang dibutuhkan pada zaman digital ini. Kalau lagi beruntung gajian menjadi freelance biasanya lebih ebsar dari gaji kerja tetap kamu. (bfm)


Baca Juga:

Bukan Introvert Atau Ekstrovert, Ini Uniknya Karakter Ambivert



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH