Bisakah Sereal Sarapan Memenuhi Gizi? Sereal sarapan umumnya disukai remaja dan anak-anak karena rasanya yang manis. (foto: pixabay/ponce_photgraphy)

MENU sarapan berupa sereal dan susu merupakan hal yang umum dilakukan. Tidak sulit membuatnya karena kamu cukup menuang sereal dan susu ke mangkuk. Pada umumnya yang terbiasa sarapan dengan sereal ialah orang-orang yang sangat sibuk bekerja dari pagi sehingga tidak ada waktu untuk memasak.

Seperti dilansir Helathline.com, sereal sangat populer untuk anak kecil hingga remaja karena praktis dan rasanya juga enak. Anak kecil sangat suka karena rata-rata sereal terasa manis. Namun, apa benar sereal sarapan bisa mencukupi gizi harian?

BACA JUGA: Daging Kambing Baik untuk Penambah Darah saat Anemia

1. Diabetes

diabetes
Kandungan gula pada sereal amat tinggi. (foto: pixabay/stevepb)

Kadar gula di dalam sereal cenderung sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan kadar glukosa dalam darah secara drastis. Ketika kamu baru bangun pagi, tubuh memang membutuhkan asupan gula dan tinggi serat untuk menstabilkan kondisi tubuh setelah dibiarkan istirahat selama 8 jam. Tetapi perlu kamu ketahui makanan yang masuk ke dalam tubuh pertama kali haruslah yang mengandung gula sehat dan serat tinggi. Kamu bisa mendapatkannya melalui buah-buahan, roti gandum dan yoghurt.

2. Rendah Serat

vegetables
Sereal rendah serat. (foto: pixabay/dbree)

Jangan tertipu dengan keterangan kandungan serat dalam dus sereal karena ternyata sereal memiliki kandungan serat yang sangat rendah sehingga akan cepat membuatmu lapar kembali. Serat di pagi hari dibutuhkan tubuh untuk mengoptimalkan metabolisme selama satu hari penuh.

3. Target Pasar

children
Karena rasanya yang manis, sereal disukai anak-anak. (Foto: pixabay/bessi)

Perusahaan sereal menargetkan pasar penjualan sereal ke anak kecil yang memang sulit makan dan suka makanan yang cenderung manis dan dicampur oleh susu. Orangtua pun sepertinya tidak masalah karena memang praktis dan cepat ditambah anak-anak menyukainya sehingga sereal dijadikan opsi utama sarapan anak.

4. Obesitas Pada Anak

child
Gula dalam sereal memicu obesitas. (foto: pixabay/tookapic)

Kata siapa anak kecil tidak bisa terkena obesitas? Meskipun gerak-geriknya lebih banyak dibanding orangtua, kandungan gula yang terlalu banyak dalam sereal sulit dipecah oleh tubuh anak kecil sehingga akan semakin menumpuk dan menyebabkan obesitas. (mar)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH