Bisakah Pria Orgasme Tanpa Ejakulasi? Orgasme dan ejakulasi itu kedua hal yang berbeda (Foto: Pexels/Pixabay)

KEBANYAKAN pria berpikir orgasme terjadi bersamaan dengan ejakulasi. Sebenarnya kedua hal ini berbeda. Meskipun kasus seperti ini jarang terjadi. Bisa saja pria mencapai ejakulasi tanpa orgasme. Sebaliknya pria jika bisa mengalami orgasme tanpa mencapai ejakulasi.

"Orgasme tanpa ejakulasi disebut 'orgasme kering'," kata Jason Winters, pendiri dan direktur Pusat Terapi Seks sebagaimana dilansir dari laman askmen. Kata Winters, kondisi ini terjadi karena otot pubococygeus melentur ketika orgasme. Ini menjepit tutup uretra. Sehingga mencegah ejakulasi.

Baca juga:

Perempuan, Maksimalkan Ekspresi Wajahmu Saat Orgasme!

Jika kamu bingung seperti apa proses tersebut. Proses ini sama seperti kamu menahan buang air kecil. Tentu kamu bisa menahan buang air kecil. Walaupun kamu sudah dalam proses melakukan buang air kecil.

Bukannya keluar, semen malah masuk ke kandung kemih (Foto: Pexels/Pixabay)

Namun, dalam beberapa kasus, orgasme tanpa ejakulasi itu merupakan kondisi yang sangat berbahaya. Semen bukannya keluar tapi malah masuk ke kandung kemih.

"Itu bisa menjadi hasil dari masalah yang disebut ejakulasi retrograde (ejakulasi naik uretra ke dalam kandung kemih, daripada keluar uretra)," kata Winter.

Baca juga:

Menu Makan Sehat, Kunci untuk Membuat Orgasme Pria Lebih Berkualitas

Ejakulasi tanpa orgasme juga terjadi pasca seseorang melakukan operasi panggul atau operasi prostat. Demikian menurut Dr. Koushik Shaw, MD dari Austin Urology Institute. "Operasi prostat dapat memiliki efek ini," tutur Shaw.

Obat-obatan tertentu bisa mengganggu orgasme (Foto: Pexels/Pixabay)

Dengan kata lain, kata Shaw, efek operasi bisa menyebabkan pria kehilangan orgasme. Tapi mereka tetap mengalami ejakulasi. Intinya pria tidak bisa mencapai kenikmatan walau sudah berada di 'puncak'.

Selain itu lanjut Shaw, obat-obatan tertentu juga dapat mempengaruhi orgasme pria. Termasuk obat 'kuat; yang dikonsumsi pria.

"Orang-orang yang menggunakan antidepresan tertentu dapat mempertahankan ereksi mereka selama beberapa menit atau jam dan berpotensi menunda ejakulasi mereka untuk beberapa waktu," Pungkas Shaw. (ikh)

Baca juga:

Mencapai Orgasme Bersama Bukanlah Hal Mustahil!

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH