Akankah Ahok dan Veronica Tetap Bersatu? Ahok dan Veronica Tan (foto: instagram @basukibtp)

MerahPutih.com - Pengadilan Jakarta Utara telah buka suara tentang gugatan perceraian yang dilayangkan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kepada sang istri Veronica Tan. Sejatinya sejak Minggu malam publik telah digemparkan dengan beredarnya surat gugatan cerai Ahok di media sosial. Hingga akhirnya pada Senin (8/1), pihak Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) membenarkan adanya gugatan tersebut.

Surat tersebut masuk ke PN Jakut pada Jumat (5/1) sore. Bahkan, kepada para wartawan, Humas PN Jakut Jootje Sampaleng mengatakan pihaknya akan segera menetapkan hari persidangan pertama terkait gugata cerai Ahok.

Menurut Jootje, persidangan kasus tersebut berlangsung tertutup. "Tertutup karena menyangkut permasalahan pribadi," kata Jootje.

Jootje melanjutkan, setelah sidang pertama digelar, akan dilakukan mediasi untuk kedua belah pihak. Nah, dalam mediasi tersebut Ahok dan Vero harus datang dan tidak bisa diwakilkan. "Penggugat wajib datang, gimanapun caranya. Itu (kehadiran penggugat dan tergugat) ada undang-undangnya," ujarnya.

Nah, dalam mediasi itulah pihak Ahok dan Veronica diharapkan bisa berdamai. "Diusahakan bisa berdamai," imbuh Jootje. Mereka juga bisa didampingi mediator. Apakah mediator dari pihak keluarga atau dari pihak luar, hal itu tergantung kemauan penggugat atau tergugat.

Lebih dalam, Jootje menuturkan pihaknya akan terus melakukan upaya perdamaian dalam kasus perceraian Ahok dan Veronica. "Tergantung dari mediatornya. Kalau bisa berdamai, akan diusahakan. Karena damai itu adalah indah," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes (Pol) Martinus Sitompul memastikan bahwa Polri akan memberikan izin kepada Ahok yang sedang menjalani hukuman kasus penistaan agama untuk menghadiri mediasi di PN Jakut terkait penyelesaian kasus perceraiannya. "Bisa (diizinkan keluar penjara), tapi harus menunggu surat permohonan dari pengadilan," kata Kombes Martinus di Mabes Polri, Jakarta, Senin (8/1).

Kabar gugatan perceraian Ahok benar-benar menghebohkan publik. Pasalnya, selama ini tak ada tanda-tanda permasalahan yang dialami rumah tangga Ahok dan Veronica yang sudah berjalan 20 tahun. Bahkan, banyak yang menganggap saat Ahok divonis bersalah dan harus menjalani hukuman, Veronica dan anak-anaknya tetap setia mendampingi Ahok.

Tak heran, jika warganet mendoakan agar Ahok dan Veronica berdamai. "Saya berharap perceraian itu tidak pernah terjadi, kiranya cinta bapak dan ibu tetap bersatu," tulis @JessikaririnPk di akun Instagram Ahok. (*)



Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH