Bisa Pindah Game Semaumu, Intip Detail Antarmuka PlayStation 5 Intip antarmuka, dan fitur yang ditawarkan oleh PlayStation 5 (Foto: Sony)

HANYA tinggal beberapa bulan lagi menuju rilis PlayStation 5. Sony pamerkan antarmuka PlayStation 5 melalui event State of Play. Pada event ini, penjelasan mengenai fitur-fitur konsol next-gen ini akan dijelaskan lebih detail dalam waktu 11 menit.

Mari kita ulas dari awal. Pada pertama kali kamu menyalakan PlayStation 5, kamu akan diberitahu untuk menyalakan stik DualSense kamu melalui tombol PlayStation pada stiknya.

Baca juga:

PlayStation 5 Tak Ada 'Loading Screen', Kelebihan atau Kekurangan?

Setelah itu, kamu baru bisa memilih akun yang sudah terdaftar di PlayStation 5 kamu. Kamu bisa mendaftar akun dari awal, atau memakai akun PlayStation Network yang sudah kamu punya di PlayStation 4.

Setelah login, kamu bisa memilih permainan. Nantinya permainan tersebut bisa kamu lanjutkan secara langsung tanpa perlu membuka, dan menunggu loading dari game tersebut.

Jadi jangan takut untuk meninggalkan permainan demi bekerja, atau sekadar ingin tidur karena permainan bisa kamu lanjutkan secara real time di PlayStation 5 ini.

Menu pilihan game dan pengaturan dalam PlayStation 5 (Foto: PlayStation Blog)

Selain itu, beberapa permainan akan menghadirkan fitur pilih level langsung melalui menu PlayStation 5. Nah, fitur ini membuat kamu bisa menyelesaikan misi yang belum kamu selesaikan pada level tersebut.

Bila kamu berlangganan PlayStation Plus, kamu bisa langsung mendapatkan panduan secara langsung melalui video picture-in-picture (PIP) tanpa perlu keluar dari game untuk mendapatkan barang yang belum kamu ambil di level tersebut. Tentu Sony mengingatkan kepada pemainnya bahwa panduan tersebut bersifat spoiler.

Menu komunikasi di PlayStation 5 sangatlah luas, pemain lain bisa melakukan voice call, video call, hingga share screen game yang sedang temanmu mainkan.

Bagi kamu yang sedang bermain game sama, tetapi temanmu sudah di level lebih tinggi, pemain akan diingatkan share screen yang diberikan oleh temanmu akan bersifat spoiler. Hal ini Sony lakukan demi membuat game lebih menarik agar pemainnya menguak rahasia di setiap levelnya.

Baca juga:

Rilisnya PS5 Disertai dengan Perangkat Baru PlayStation VR?

Pada fitur share, pemain dapat memberikan screenshot dari game yang mereka sukai secara langsung ke media sosial seperti Facebook, Twitter, atau sekedar memberikan screenshot tersebut ke pemain lainnya. Tentu pemain bisa memberikan caption berupa teks melalui voice-to-text, atau sekadar voice note.

Pemilihan level, dan manajemen proses dalam satu game di PlayStation 5 (Foto: PlayStation Blog)

Setiap permainan yang kamu mainkan dapat dipasang timer demi membatasimu bermain game, serta memberikan estimasi dalam berapa menit kamu bisa menyelesaikan level pada game tersebut.

Jadi kamu tidak perlu takut akan 'kebablasan', karena Sony memberikan fitur untuk kamu melakukan manajemen waktu dalam bermain game.

Memilih game semaumu, navigasi yang lebih mudah, serta mengakses game online secara langsung membuat PlayStation 5 menjadi konsol next-gen terbaik dengan fitur lebih memukau. (dnz)

Baca juga:

Mewah, PlayStation 5 Dibalut Emas 24 Karat Truly Exquisite

Kredit : aldonov_danoza

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH