Bisa Meledak, Waspada Bahaya Endapan Gas pada 'Septic Tank'

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 06 November 2019
Bisa Meledak, Waspada Bahaya Endapan Gas pada 'Septic Tank'
Ilustrasi: Septic Tank memiliki gas metana yang mudah terbakar (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

KASUS ini menjadi ramai di media, peristiwa dimana seseorang tewas akibat ledakan pada septic tank. Akibat kelalaian korban dalam menangani gas yang mengendap pada tanki pembuangan tersebut. Perlu diketahui, septic tank sendiri memproduksi biogas yang diproses oleh bakteri alami berupa metana. Gas metana memiliki sifat yang mudah terbakar. Untuk itu, sangat disarankan untuk berhati-hati ketika melakukan 'pengosongan' gas saat proses penyedotan septic tank.

Menurut Neni Sintawardani selaku Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), pada wawancaranya di berbagai media daring, Neni mengatakan bahwa dalam septic tank terjadi sebuah proses yang dinamakan anaerobik, atau pembentukan gas metana dari bakteri yang terjadi secara alami.

Baca juga:

Hati-hati, Deodoran Bisa Meledak seperti Bom

Proses ini tidak melibatkan oksigen, karena bakteri yang ada dalam septic tank dapat hidup dan mengurai kotoran untuk dijadikan gas metana. Gas yang dihasilkan oleh bakteri tersebut perlu dikeluarkan melalui lubang ventilasi atau saluran pipa agar gas metana tidak menumpuk.

Berkaca dari kasus yang terjadi di Cakung, Jakarta Timur, seorang tukang sedot WC menjadi korban. Penanganan dalam membersihkan septic tank harus melalui prosedur yang baik. Sangat tidak disarankan untuk melakukan pembakaran di sekitar ventilasi septic tank, agar tidak memicu ledakan pada gas metana yang mudah terbakar.

Melihat dari kejadian tersebut, penumpukan gas metana dalam jangka waktu panjang memiliki dampak yang berbahaya bagi penghuni rumah. Ledakan terjadi akibat sulutan api dari pembakaran koran, bahkan sampai mengangkat lantai dari susunan batu bata dan semen. Hal tersebut tidak mengherankan, karena gas tertumpuk lama.

Gas metana sebenarnya tidak berbahaya jika penanganannya tepat atau terakumulasi dalam jumlah sedikit. Hal yang mungkin terjadi jika terbakar hanyalah bau menyengat dari gas. Beda cerita jika gas metana menumpuk dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu panjang, ledakan fatal seperti kasus di atas sangat mungkin terjadi. (jhn)

Baca juga:

Jangan Rebus Telur di Microwave

#Gas #Video Ledakan #Sedot WC
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan