Bisa Jadi ini Alasan untuk Anak Ikut 'Homeschooling' Ada berbagai alasan untuk anak-anak masuk dalam homeschooling. (Foto: Pexels/Pixabay)

ADA berbagai macam alasan memasukan anak dalam program homeschooling. Bisa jadi karena faktor situasi dan kondisi anak bersosialisasi. Adapula karena kesibukan si anak yang membuatnya harus mengikuti sekolah di rumah. Apapun alasannya tujuannya cuma satu memberikan pendidikan yang layak bagi anak.

Menurut laman Baby Gaga, ada beberapa alasan yang biasanya membuat orangtua harus memasukan anak dalam homeschooling. Meskipun banyak terjadi pro dan kontra dalam masyarakat. Namun sangat membantu dan memiliki nilai positif di sisi lainnya.

Baca Juga: Pentingnya Mendaftarkan Si Kecil ke Taman Kanak-Kanak

1. Punya banyak waktu dengan anak

anak
Waktu dengan Orang Tua Menjadi Lebih Longgar (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Salah satu alasan bagi orang tua memasukan anak ke homeschooling karena keinginan orang tua untuk bersama dengan anak. Perhatian lebih memungkinkan untuk diberikan pada anak-anak. Mungkin saja si anak merasa terabaikan bila masuk ke sekolah pada umumnya. Faktor anak kedua akan membuat anak pertama yang sedang sekolah jadi tidak diperhatikan.

2. Jadwal yang lebih fleksibel

anak
Dengan Mudah Memilah Mana yang Harus Dipelajari (Foto: Pexels/Pixabay)


Sekolah pada umumnya terkadang membuat waktu anak menjadi lebih sempit. Orang tua bisa saja tidak melihat anak hingga petang karena jadwal padat yang ia lalui di sekolah. Mengatur jadwal untuk waktu bersama keluarga pun bisa menjadi susah dikarenakan PR ataupun tugas lainnya. Bisa jadi ini alasan anak tidak dapat pergi kemana-mana. Apalagi jika buah hati ingin berpartisipasi menjadi atlit ataupun kegiatan olahraga di sekolahnya.

Jika anak dimasukkan dalam homeschooling, orang tua bisa dengan mudah mengatur jadwal anak untuk mengerjakan PR. Kegiatan olahraga juga bisa didapat di luar homeschooling. Menjadikan waktu yang dilalui kesayangan menjadi lebih fleksibel.

Baca Juga: Tipe-Tipe Orangtua Zaman Now, Kamu Termasuk yang Mana Nih?

3. Kontrol pada pelajaran lebih penuh

anak
Dengan Mudah Memilah Mana yang Harus Dipelajari (Foto: Pexels/Pixabay)


Orang tua lebih dapat memonitor pelajaran yang diajarkan untuk kesayangan. Seperti halnya pelajaran yang penting atau tidak penting bisa dimonitor dengan mudah. Menjadikan buah hati lebih mudah dalam penguasaan pelajaran yang ia inginkan dan pelajari.


4. Baik untuk anak berkebutuhan khusus

anak
Anak dapat lebih menguasai pelajaran. (Foto: Pexels/Pixabay)

Bisa jadi program homeschooling cocok dengan anak berkebutuhan khusus. Selain itu homeschooling menyediakan kurikulum khusus, banyak istirahat dan waktu diluar, kurangnya jadwal yang padat, dan masih banyak lagi yang bisa didapat untuk anak. Anak bisa dengan mudah menguasai pelajaran yang didapat.


5. Cocok untuk orangtua yang sering berpindah tugas

anak
Orangtua yang sering berpindah cocok mengadaptasi homeschooling. (Foto: Pexels/MikesPhotos)

Terkadang akan sangat susah jika membawa anak ke sekolah pada saat orang tua memiliki tugas yang harus berpindah-pindah. Homeschooling menjadi solusi terbaik yang dapat membuat anak tetap mendapatkan edukasi terbaiknya saat dirinya harus berpindah kemana-mana. (dnz)

Baca Juga: Ucapkan 4 Hal Ini untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH