Bisa Banget, Rambut Panjang Eksis ala Penata Rambut Hollywood

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 09 April 2019
Bisa Banget, Rambut Panjang Eksis ala Penata Rambut Hollywood
Rambut panjang bisa banget kamu dapat dengan cara ini. (foto: pexels/maria tyutina)

RAMBUT panjang jadi impian semua perempuan. Namun, kadang rasanya susah banget buat memanjangkan rambut. Padahal ingin punya rambut secantik dan sepanjang putri Rapunzel. Jangan salah lo, bahkan Rapunzel juga membutuhkan waktu untuk memanjangkan rambutnya.

Jadi jangan harap bisa menumbuhkan rambut tanpa proses yang baik dan benar ya. Nah, bagaimana cara yang tepat untuk memanjangkan rambut? Seperti yang dilansir Cosmopolitan, ini cara cepat dan benar membuat rambut semakin panjang menurut penata rambut Hollywood, Mark Townsend.

1. Potong rambut secara berkala

tips memanjangkan rambut
Potong rambut sedikit-sedikit untuk menghindari rambut bercabang (foto: pixabay-kaleido-dp)

Lo bukannya mau memanjangkan rambut, kenapa malah dipotong? Ternyata, kalau kamu biarkan rambutmu tidak dipotong selama berbulan-bulan malah menyebabkan ujung rambut yang bercabang. Ujung rambut yang bercabang akan membuat rambutmu rusak dan kasar. Pada intinya rambut yang sehat akan memudahkan rambut semakin panjang. Jadi pastikan untuk memotong rambutmu secara konsisten sedikit-sedikit 10 sampai 12 minggu sekali.

2. Jangan keramas tiap hari dan gunakan air dingin

tips memanjangkan rambut
Jangan terlalu sering keramas dan gunakan air dingin jika sedang keramas.(foto thebeautyinformer.com)


Jangan keramas setiap hari kalau kamu mau memanjangkan rambut karena penggunaan sampo berlebih hanya akan menghilangkan minyak di rambut. Minyak di rambut ini membantu agar rambutmu tidak kering.
Kemudian ketika keramas lebih baik bilas rambutmu dengan air dingin karena air dingin membantu menumbuhkan rambut dan menjaga rambut agar tetap sehat. Air dingin akan membuat rambut bagian luarmu lebih halus dan menjaga kelembapan rambutmu.

3. Gunakan 'conditioner' dan masker rambut

tips memanjangkan rambut
Gunakan conditioner dan hair masuk untuk melembabkan rambut.(foto rainlillie.com)


'Conditioner' dan masker rambut adalah produk wajib untuk membuat rambutmu semakin panjang. Penggunaan 'conditioner' akan mengembalikan kesehatan rambutmu dengan cara mengembalika proterin ke bagian rambutmu. Selain 'conditioner', masker rambut juga akan membantu menjaga kesehatan rambutmu. Townsend mengatakan bahwa siapapun bisa membuat masker rambut. Caranya dengan mencampurkan satu cup minyak kelama dan satu sendok makan miyak almond, minyak kacang macadamia, dan 'jojoba oil', Kemudian gunakan pada rambut yang setengah basah. Dijamin rambutmu akan semakin sehat dan lembut.

4. Sisir rambut dengan lembut

tips merawat rambut
Sisir rambut perlahan agar tidak membuatnya rusak. (foto pexels-ixabay)


Kalau menonton film Tangled, kamu akan melihat Rapunzel selalu menyisir rambutnya setiap hari. Nah, untuk memanjangkan rambut kamu juga harus menyisir rambutmmu, tapi lakukan dengan perlahan dan pelan-pelan. Kalau kamu mendengar suara sisir di kulit kepalamu, maka kamu menyisir rambut terlalu kencang. Menyisir rambut terlalu kencang malah akan membuat rambutmu rusak lo.

5. Tidur dengan bantal berbahan sutra

tips memanjangkan rambu
Gunakan bantal dengan bahan satin atau sutra agar rambut tidak kusut.(foto esc-satin-pillow-cases.com)


Kalau kamu bangun tidu dengan rambut yang kusut dan berantakan, artinya kamu harus mengganti sarung bantalmu. Townsend merekomendasikan sarung bantal berbahan sutra atau satin yang punya permukaan lembut. Dengan begitu rambutmu tiddak akan menjadi kusut dibandingkan memakain sarung berbahan kapas.

6. Jangan gunakan 'alat panas' dulu

tips memanjangkan rambut
Hindari alat-alat panas dulu agar rambut tidak rusak.(foto pexels-Gratisography)


Siapa dari kamu yang selalu mencatok rambut atau mengeriting rambut? Kalau kamu ingin rambut panjang dan sehat, lebih baik jauhi dulu alat-alat panas tersebut. Apakah kamu tahu kalau alat-alat tersebut sangat merusak rambutmu? Makanya, kamu harus selalu merawat rambutmu agar tidak rusak supaya bisa menghasilkan rambut panjang yang indah.

7. Meminum suplemen penumbuh rambut

tipis memanjangkan rambut
Memium suplemen penumbuh rambut untuk memberi nutrisi pada rambut. (foto pixabay-stevepb)


Kalau kamu benar-benar ingin memanjangkan rambutmu, kamu bisa mencoba meminum suplemen penumbuh rambut. Kadang kalau gaya hidupmu tidak sehat, rambutmu juga tidak akan mendapatkan nutrisi yang baik untuk tumbuh. Sehingga suplemen rambut ini bisa memberi nutrisi yang cukup untuk rambut yang sehat dan bisa semakin memanjangkannya. Tapi pastikan kamu berkonsultasi dulu ya dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Intinya, memanjangkan rambut tidak sesulit yang kamu kira, namun tidak semudah itu juga. Kuncinya ada pada menjaga kesehatan rambut. Dengan rambut yang sehat, rambut yang panjang bukan lagi sekedar impian.(sam)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan